Badai Gustav Tewaskan 68 Orang Di  Karibea

Nasional / 31 August 2008

Kalangan Sendiri

Badai Gustav Tewaskan 68 Orang Di Karibea

Puji Astuti Official Writer
3932

Badai tropis Gustav pada Kamis sedikitnya menyebabkan 68 orang tewas di Karibea. Dinas prakiraan cuaca Amerika Serikat mengatakan, Gustav akan melanda New Orleans dan ladang-ladang minyak di Teluk Meksiko, pekan depan.

Pada saat Gustav mengaduk seluruh Karibea, Badai Tropika Hanna terbentuk di Lautan Atlantik dengan kecepatan angin 65 kilometer per jam. Badai kedelapan di perairan Atlantik yang kini musim topan itu kini sedang mengancam Bahama dan
Florida, kata Pusat Badai Nasional AS.

Perusahaan-perusahaan energi memperperkirakan Gustav mempersiapkan hantaman terdahsyat terhadap pusat ladang minyak
Teluk AS, sejak bencana musim badai pada 2005.

Harga-harga minyak meningkat menjadi di atas 120 dolar AS per barel pada perdagangan awal Kamis, pada saat Gustav menuju ke konsentrasi minyak dan anjungan-anjungan gas alam di lepas pantai Lousiana dan Teksas.

Namun harga-harga minyak mentah menjadi turun lebih dari dua dolar setelah pemerintah AS dan Badan Energi Internasional berjanji akan mengeluarkan cadangan darurat jika Gustav menghentikan produksi di satu daerah yang memberikan AS sekitar seperempat dari total minyak mentahnya, dan 15 persen dari gas alamnya.

Gustav saat ini berada 25 kilometer di barat
Kingston, Jamaika, pada pukul 08:00 waktu setempat, kata pusat badai. Angin dengan kecepatan 119 kilometer per jam oleh para prakira cuaca diperkirakan akan menjadi badai pada hari Jum`at.

Selasa sebelumnya, Gustav menyapu pantai
Haiti dan menimbulkan hujan deras yang mengakibatkan sedikitnya 59 orang meninggal dan delapan lainnya di Republik Dominika, di pulau Hispaniola, tetangganya.

Para pejabat di sini mengatakan, korban tewas kebanyakan disebabkan banjir dan lumpur di barat dan selatan Haiti.

Di Jamaika, toko-toko, kantor pos dan sekolah-sekolah menutup pintu mereka dan pemerintah memerintahkan para pekerja yang tidak penting untuk tidak meninggalkan rumah, sebelum Gustav menimbulkan tanah longsor pada Kamis petang.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami