Step Up 2 The Streets: Jalanan Tempat Lahirnya Dancer Pro!

Film Review / 13 August 2008

Kalangan Sendiri

Step Up 2 The Streets: Jalanan Tempat Lahirnya Dancer Pro!

Tammy Official Writer
9433
Step Up 2 The StreetsBaltimore adalah kota independen sekaligus kota terbesar di negara bagian Maryland, Amerika Serikat. Dulu, tempat itu digunakan sebagai salah satu akses masuk para imigran yang ingin mengadu nasib di Amerika Serikat. Maka tidak heran jika penduduknya pun beragam, dari bangsa Eropa, Afro Amerika, sampai dengan Asia. Kota itu juga rawan kriminalitas, pada 2007 Baltimore berada di peringkat 12 kota berbahaya di Amerika Serikat. Mungkin, itu karena anak-anak seperti Andie (Briana Evigan), dan teman-temannya yang tergabung dalam kelompok tari jalanan 410. Mereka menguasai salah satu sudut Kota Baltimore dengan panggung yang disebut The Streets, dan selalu menjadi juara pada perlombaan ilegal tari jalanan di situ.

Karena citra buruk para penari jalanan itu, Andie yang tinggal bersama dengan sahabat ibunya, di lingkungan tempat Tyler Cage (Channing Tatum-bintang utama Step Up), terancam pindah ke Texas. Andie tahu, tidak ada yang bisa ia lakukan jika tinggal di sana. Maka, ia pun berjuang mati-matian untuk bertahan di Baltimore. Ia ikut audisi masuk MSA (Maryland School of Arts). Tyler yang menjadi seperti abang bagi Andie, akhirnya membantu.

Benarkah pilihan itu? Andie tetap kehilangan teman-temannya. Ia dikeluarkan dari 410 karena selalu terlambat latihan, meskipun dua sahabatnya, Felicia (Telisha Shaw) dan Missy (Danielle Polanco) berusaha menutupi. Bukan hanya dikeluarkan, Andie juga dilarang tampil di The Streets. Hukuman yang terlalu kejam untuk kesalahan Andie. Karena hukuman itu pula Andie bersemangat membentuk kelompok tarinya sendiri. Dengan bantuan Chase (Robert Hoffman), ia mengumpulkan 10 anak MSA untuk melawan 410. Dan tetap saja, Andie dkk dilarang tampil di The Streets.

 

Step Up 2 The Streets Step Up 2 The Streets

 

Koreografi Serius
Perjuangan Andie merebut tempat di The Streets itu menjadi konflik utama di film arahan Jon Chu ini. Ditambah lagi larangan dari kepala sekolah, Blake Collins (Will Kemp) agar anak-anak sekolahnya tidak tampil di jalanan. Bukan hanya karena jalanan itu tidak seprestisius panggung pertunjukan di gedung-gedung tempat anak-anak sekolah elite itu seharusnya berpentas, tapi juga karena tarian hiphop yang dianggap kacangan.

Terlihat keseriusan produser Erik Feig (yang juga memproduksi prekuel Step Up) untuk mengangkat tari jalanan. Ia kembali menyewa Jamal Sims, koreografer hiphop di Step Up, yang di film ini berkolaborasi dengan Nadine "Hi-Hat" Ruffin (koreografer di film Bring It On) dan Dave Scott (koreografer dalam Stomp the Yard).

 

Step Up 2 The Streets

 

Film dance seru ini memang berputar mengenai street conflict yang terjadi. Tentang perbandingan antara dance street dan dance-nya kaum ‘terpelajar'. Tapi di film ini diajarkan bahwa street itu tempat lahirnya dancer pro, the best dancer ever existed. Tentang battle dance dan ajaran ‘jangan menyerah' bahwa dance adalah segalanya tentang show off, nunjukin apa yang kita punya meskipun kita sudah pernah jatuh sebelumnya.

Step Up 2 The StreetsAdegan dance paling menarik terjadi saat battle terakhir yang menjadi klimaks dari film ini, outdoor saat hujan turun dengan cukup deras, suasananya sangat menyenangkan dengan diiringi remix lagu-lagu keren. Over all, film ini sangat menarik untuk ditonton terutama menghibur mata dengan koreografi tarian yang keren.

STEP UP 2 THE STREETS
Pemain :
Briana Evigan, Robert Hoffman, Will Kemp, Sonja Sohn
Sutradara : Jon M. Chu
Penulis : Tony Ann Johnson, Karen Barna
Genre : Drama/musical
Produser : Adam Shankman, Erik Feig, Patrick Wachsberger
Produksi : Summit
Durasi : 98 menit.

 

Recommended For You:

Halaman :
1

Ikuti Kami