Pastor Jose Carol, Menjadi Jawaban Bagi Bangsa

Internasional / 12 August 2008

Kalangan Sendiri

Pastor Jose Carol, Menjadi Jawaban Bagi Bangsa

Puji Astuti Official Writer
6911

Usia 63 tahun, itu adalah usia kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 2008 nanti. Namun kemerdekaan bukanlah berarti perjuangan telah berakhir. Ada banyak hal yang masih perlu diperjuangkan untuk membawa Indonesia kearah lebih baik.

Setiap orang mengharapkan yang terbaik bagi bangsa ini. Banyak orang memiliki visi yang luar biasa, untuk membawa perubahan bagi Indonesia. Namun untuk membawa perubahan bagi bangsa tidak cukup visi. Inilah yang disampaikan oleh Pastor Jose Carol, Associate Pastor dari Jakarta Praise Community Church.

Anak-anak Tuhan itu seharusnya bisa menjadi seperti Yusuf. Pada saat itu Yusuf  masih berada dipenjara, dilupakan dan mengalami ketidak adilan, namun tidak kehilangan visi. Dan ketika Firaun yang memerintah Mesir saat itu mendapatkan mimpi, sebuah pintu dibukakan bagi Yusuf oleh Tuhan untuk menghadap raja itu dan menafsirkan mimpinya (Kejadian 41:14-44).

Namun Yusuf tidak hanya berhenti hanya dengan menafsirkan mimpi, atau menubuatkan masa depan bangsa Mesir. Dia menawarkan sebuah solusi atas hal buruk yang akan terjadi, dan menjadi jawaban bagi permasalah terserbut.

Saat itu Yusuf memberikan saran pada Firaun untuk mengantisipasi kelebihan bahan pangan pada 7 tahun kemakmuran dan memberi solusi atas kelaparan hebat yang akan terjadi selama 7 tahun. Inilah solusi yang diajukan oleh Yusuf saat itu:

  1. Mencari orang yang bijaksana dan berakal budi untuk menjadi orang yang bertanggung jawab atas Mesir (Kej 41:33).
  2. Mengumpulkan seperlima dari hasil tanah Mesir (Kej 41:34).
  3. Membangun lumbung di tiap-tiap kota yang dikepalai oleh seorang penilik (Kej 41:35)

Semuanya itu dianggap baik dan dilakukan oleh Firaun sehingga dapat mengantisipasi bencana kelaparan dasyat yang dapat menimbulkan banyak korban jiwa. Bahkan Yusuf diberi kepercayaan menjadi perdana menteri yang bertanggung jawab atas kelangsungan hidup seluruh Mesir. Pada saat Yusuf menjadi solusi dan jawaban bagi permasalahan bangsa Mesir, nama Tuhan diagungkan.

"Dunia tidak akan kagum pada anak Tuhan jika anak Tuhan hanya mampu menafsirkan atau menubuatkan apa yang akan terjadi di masa depan. Tapi dunia akan kagum saat anak Tuhan mampu membawa solusi dan jalan keluar bagi permasalahan yang akan terjadi di masa depan," demikian penjelasan Pastor Jose Carol.

Demikian juga dengan anak-anak  Tuhan di bangsa ini. Tuhan yang memberikan mimpi pada Firaun, dan Tuhan juga sudah menyediakan solusi dan jawabannya. Sebagai anak Tuhan, tidak cukup dengan hanya menubuatkan apa yang akan terjadi di masa depan, tapi juga memperkenalkan solusi dan jawaban itu bagi bangsa ini. Dan itu hanya dapat dicapai bila setiap anak Tuhan mencari lebih lagi, mengetuk lebih lagi untuk mendapatkan suatu solusi dan jawaban yang telah Tuhan sediakan.

"Kata kuncinya adalah antisipasi, jawaban dan solusi. Dan itu hanya bisa didapatkan jika kita mencari dan mengetuk pintu Tuhan."

Matius 7:7 menuliskan, ""Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu." Solusi atas setiap permasalahan bangsa ini sudah Tuhan sediakan, yang perlu dilakukan adalah meminta, mencari, dan mengetuk pintu surga. Semua itu adalah bagian anak-anak Tuhan. Sebuah perjuangan dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia ini, menjadi jawaban dan solusi bagi Indonesia.

Sumber : Jawaban.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami