Lansia Olahraga? Kenapa Tidak...

Fit & Charming / 12 July 2008

Kalangan Sendiri

Lansia Olahraga? Kenapa Tidak...

Lestari99 Official Writer
9259

\"\"Tidak ada seorang pun yang mau mengalami sakit, apalagi di masa tua, masanya menikmati hidup dan hasil jerih payah di masa muda. Sayangnya, kebanyakan orang tua justru didera berbagai penyakit, salah satunya rematik. Sebenarnya, ada cara sederhana untuk mencegah penyakit yang membuat sendi terasa ngilu ini, yakni dengan olahraga.

Penelitian yang dilakukan di Australia baru-baru ini membuktikan bahwa olahraga bagi para lansia, khususnya kaum nenek, efektif untuk menghindari nyeri radang sendi akibat gejala rematik. Tak perlu olahraga yang berat-berat, olahraga ringan selama 15 menit hingga 1 jam namun rutin setiap minggu, dampaknya akan terasa hingga tiga tahun mendatang.

"Bukan berarti kami menyarankan agar Anda jadi maniak olahraga, cukup menambahkan sedikit olahraga ringan dalam daftar kegiatan sehari-hari. Berjalan kaki atau olahraga ringan lainnya, manfaatnya besar untuk menangkis nyeri rematik," kata ketua peneliti Kristian Hessch dari Universitas Queensland, Australia.

Selama ini dunia kedokteran memang telah menganjurkan pasien lansia untuk berolahraga agar sendi tidak kaku, otot lebih kuat dan berat badan terjaga. Semua manfaat tadi dimaksudkan untuk mencegah datangnya rematik. Namun, studi di Australia ini adalah riset pertama yang melihat manfaat olahraga pada para nenek yang tidak punya riwayat rematik.

\"\"Penelitian yang melibatkan 8.700 wanita berusia lanjut ini dilakukan selama tiga tahun. Hasilnya, wanita berusia 70 tahun yang melakukan olahraga 75 menit setiap minggu dilaporkan gejala rematik yang dirasakannya berkurang. Sementara itu, nenek yang lebih sigap dan yang aktif berolahraga minimal 2,5 jam tiap minggu, bahkan tidak merasa nyeri sampai tiga tahun kemudian.

Meski sepertinya ada kaitan langsung antara olahraga dan berkurangnya nyeri sendi, tetapi masih belum jelas benar mengapa hal itu bisa terjadi. Hasil studi ini dipublikasikan dalam journal Arthritis Research & Therapy.

"Mungkin dampak olahraga langsung terasa pada sendi. Olahraga membuat berat badan turun dan ini baik bagi sendi," kata Dr. John Hardin, peneliti dari Arthritis Foundation, Atlanta, AS, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Olahraga yang disarankan untuk para lansia antara lain berjalan kaki, berenang, yoga, tai chi, dan olahraga ringan lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi ikan yang baik untuk kesehatan persendian, terutama ikan laut dalam, seperti tuna atau salmon. Jadi, olahraga yuk nek...

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami