Tony Chen : Mengagumi Keseimbangan Hidup Bill Gates

Tony Chen : Mengagumi Keseimbangan Hidup Bill Gates

Tammy Official Writer
7368
Kemajuan suatu negara bergantung pada kemajuan teknologi informasi (TI). Kesimpulan ini didapati Tony Chen setelah bergumul dalam dunia TI selama 18 tahun. Inilah yang dianggapnya sebagai tantangan Indonesia terkini.

Karena itu pria yang sempat bekerja di Andersen Consulting dengan spesialisasi software selama 2 tahun ini sangat bersemangat memasyarakatkan teknologi komputer dalam berbagai sektor di Tanah Air. Lebih-lebih ketika dipercaya sebagai Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia (MI) pada tahun 2003. Tony getol memfasilitasi dialog antara Microsoft dan pemerintah Indonesia. Komitmennya tinggi agar Microsoft mendukung pemerintah dalam mengembangkan strategi TI nasional dan menyebarkannya ke seluruh pelosok Tanah Air. Usaha dan komitmen ini menginspirasinya untuk mempertemukan Presiden Yudhoyono dengan Bill Gates.

Di bawah pimpinan Tony Chen, pada Juli 2007, oleh kantor pusat Microsoft, MI terpilih sebagai anak perusahaan dan tim kerja terbaik. Dari 30 negara, hanya 3 negara terpilih sebagai "the Best of the Best" dalam kategori small (Indonesia), medium (Belanda), dan large (Kanada). Penghargaan ini berhasil diperoleh karena pencapaian bisnis dan kesuksesannya membangun 39 Community Training Center (CTC) yang berhasil melatih 2.300.000 siswa dan 22.500 guru. Dengan pembawaan tenang dan ramah, Tony Chen tampil sebagai pribadi yang memesona. Sikap profesionalismenya yang konsisten mementahkan isu miring yang kerap menerpa MI.

Hal ini tidak mengherankan karena Tony Chen sendiri memiliki nilai-nilai tersendiri yang memperlengkapinya dalam menerapkan profesionalisme. Nilai-nilai yang ia miliki ia sebut sebagai ASMA yaitu : Attitude, Smart, Motivated, dan Accountable. Menurutnya, Attitude meliputi integritas dan kejujuran dalam segala hal yang dilakukan. Smart yang artinya cepat beradaptasi. Motivation yaitu dorongan semangat dari dalam. Dan terakhir, Accountability yang bagi Tony Chen berarti melakukan segala sesuatu dengan penuh tanggung jawab dan menghasilkan segala sesuatu dengan hasil terbaik.

Tony ChenNilai-nilai yang dimiliki Tony Chen pun berdampak bagi kesuksesannya sebagai Presiden Direktur Microsoft Indonesia. Ia memprioritaskan visi dan misi Microsoft Indonesia yang Merah Putih, yang artinya sesuai dengan situasi dan kebutuhan di Indonesia. Bersamaan dengan itu, Tony Chen membenahi kesejahteraan karyawan dalam hal pendapatan, pendidikan, dan kepemimpinan. Tidak heran di bawah kepemimpinannya Microsoft Indonesia tampil sebagai kantor perwakilan terbaik di seluruh dunia dalam kategori The Best Subsidiary of Emerging Market dan atas nama seluruh karyawan Microsoft Indonesia Tony Chen menerima piala besar dari Bill Gates di hadapan 12.000 orang karyawan Microsoft dalam acara tahunan di Amerika.

Tony Chen yang memiliki falsafah hidup bahwa tiap hari adalah anugerah Tuhan ini ternyata mengidolakan sang founder Microsoft itu sendiri. Ia mengidolakan Bill Gates bukan karena dia orang terkaya di dunia. Tapi Tony Chen melihat Bill Gates mempunyai kehidupan yang berimbang antara keluarga dan bisnis. Ia sukses di bisnis dan keluarganya harmonis. Keseimbangan hidup yang dimiliki Bill Gates inilah yang menginspirasi Tony Chen.

 

 

Sumber : bahana-magazinedotcom
Halaman :
1

Ikuti Kami