Uang Kertas Pecahan Rp 2.000 Diluncurkan Semester II 2008

Uang Kertas Pecahan Rp 2.000 Diluncurkan Semester II 2008

Puji Astuti Official Writer
7262
Anda masih memiliki uang kertas pecahan Rp. 1000.- saat ini? Ada baiknya menyimpan barang satu dua lembar untuk kenang-kenangan. Di tahun 2008 ini, ‘adiknya' yang bernilai lebih besar, yaitu Rp.2000- akan di lahirkan. Dan sudah pasti, akan menggeser posisi uang kertas Rp. 1000.- ini.

Uang kertas pecahan Rp 2000 rencananya akan diterbitkan Bank Indonesia (BI) pada semester II 2008. Pencetakan uang kertas pecahan Rp 2.000 tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat. Pencetakan uang kertas dua ribuan masih dalam proses.

"Bikin duit itu kan enggak gampang. Kalau kita mau mengeluarkan emisi baru, persiapannya bisa dua tahun. Ini merupakan kerjasama BI dengan Peruri. Diharapkan semester pertama, tapi saya ragu, mungkin semester kedua 2008," kata Deputi Gubernur BI Budi Rochadi, Jumat (29/2), di Jakarta.

Budi juga mengatakan, mulai tahun depan BI tidak lagi mencetak uang kertas pecahan Rp 1000. Mulai tahun depan, pecahan Rp 1000 hanya akan dicetak dalam bentuk logam .Menurut ia, biaya pembuatan uang logam lebih mahal, tetapi lebih awet. "Kalau uang logam kotor bisa dicuci, kalau uang kertas kan tidak bisa," katanya. Tahun ini, BI menargetkan mencetak 5,6 miliar bilyet uang untuk segala pecahan.

Inflasi yang terjadi membuat nilai uang makin menurun. Jika uang Rp. 2000.- diluncurkan, maka uang seribuan serasa lima ratusan. Dan yang lima ratusan akan serasa uang seratusan. Tapi bagaimanapun, jangan ijinkan kekuatiran karena kesulitan keuangan membayangi hidup Anda. Tuhan, adalah Allah yang menyediakan. Dialah sumber segalanya, dan setiap orang yang berharap kepadaNya tidak pernah di kecewakan.

Sumber : Kompas.com/VM

Ikuti Kami