Golkar Prakarsai Beri Gelar Pahlawan pada Soeharto

Nasional / 29 January 2008

Kalangan Sendiri

Golkar Prakarsai Beri Gelar Pahlawan pada Soeharto

Puji Astuti Official Writer
4370
Fraksi Partai Golkar DPR RI mempelopori pemberian gelar pahlawan nasional kepada almarhum mantan Presiden Soeharto. Golkar juga akan mengajak fraksi lain, berjuang menggolkan ide tersebut lewat DPR.

"Penghargaan itu buat menghargai jasa-jasa beliau selama menjadi presiden, bukan untuk tujuan lain. Kita tak hendak berprasangka buruk terhadap siapa pun," kata Ketua Fraksi Golkar DPR Priyo Budi Santoso kepada wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (28/1).

Menurut dia, penghargaan itu juga sebagai bentuk simpati rakyat Indonesia terhadap Soeharto dan bentuk konkret memaafkan Soeharto dari segenap elemen bangsa ini. "Ini kenapa kami sejak awal pelopori pemberian maaf kepada Pak Harto karena kami memandang saling memaafkan itu tak ada salahnya,"katanya. Ke depan, lanjut dia, semua mantan pemimpin nasional harus mendapat porsi yang sama. "Tak terkecuali kepada Bung Karno,"jelasnya.

Pada kesempatan itu, Priyo juga mengatakan Partai Golkar seluruh Indonesia akan melakukan acara doa dan tahlil untuk mendoakan Soeharto secara nasional yang dipusatkan di Kantor DPP Partai Golkar, Kawasan Slipi, Jakarta. "Dan seluruh kader Golkar baik yang ada di provinsi atau kabupaten mengikuti ini,"katanya.

Setiap orang pasti memiliki sisi baik dan buruk dalam kehidupannya. Tak terkecuali Haji Muhamad Soeharto, sekalipun dia pemimpin tetap saja dia manusia biasa. Apa yang pernah diperbuatnya bagi bangsa ini layak dihargai. Dari kehidupannya sebagai salah seorang bapak bangsa Indonesia, banyak hal positif yang bisa diambil, dan juga hal-hal buruk yang pernah di perbuatnya dapat menjadi pelajaran supaya bangsa ini tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami