Mengapa Anda Perlu Menjadi Donor Darah?

Solusi Sehat / 24 December 2007

Kalangan Sendiri

Mengapa Anda Perlu Menjadi Donor Darah?

Lestari99 Official Writer
9015

Apakah Anda selalu menginginkan menjadi seorang pahlawan namun juga merasa malu bila mendapat pengakuan umum yang cenderung sejalan dengan tindakan heroik? Kabar baik! Ini adalah kesempatan Anda untuk melayani seperti seorang pahlawan yang sebenarnya namun tetap tidak dikenal dan tetap berada di belakang layar.

Bagaimana caranya? Dengan menjadi donor darah, karena dengan menjadi donor darah maka Anda dapat menyelamatkan kehidupan seseorang.

Pertimbangkan fakta-fakta berikut ini :

  • Di negara AS diperlukan 32.000 unit darah setiap harinya. Itu sama jumlahnya dengan 3 galon darah setiap menitnya.
  • Rata-rata penerima transfusi sel darah membutuhkan 3-4 unit darah - dimana ini diperoleh dari empat orang pendonor.
  • Setiap satu unit darah dari donor dapat menolong kehidupan tiga orang berbeda.
  • Seseorang yang menderita luka berat seperti dalam kecelakaan mobil bisa jadi memerlukan 50 unit darah bahkan lebih.
  • Seorang yang mengalami luka bakar memerlukan 20 unit darah atau lebih.

Sayangnya, mayoritas orang yang memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya, tidak melakukannya. Data di AS contohnya, Palang Merah AS melaporkan bahwa dari 60% orang AS yang memenuhi syarat untuk mendonor darahnya, hanya 5% yang melakukannya secara berkala. Sedangkan di Indonesia angkanya belum diketahui.

Kurangnya kepedulian adalah satu kunci dari rendahnya peran serta donor darah ini, meskipun untuk banyak individu, mendonor darah menjadi satu daftar 'niat baik' mereka.

Apakah Anda memenuhi syarat untuk menjadi seorang donor darah? Kriteria dasarnya adalah seperti yang dibawah ini :

  • Anda paling tidak berusia 17 tahun
  • Tidak ada batas atas usia
  • Punya berat badan minimal 45 kg
  • Anda harus menunggu delapan minggu antara periode donor
  • Berada dalam kondisi kesehatan yang baik, artinya Anda merasa sehat dan dapat melakukan aktifitas biasa
  • Kriteria tambahan lainnya dilihat pada saat pendonoran, namun jika Anda menemui kualifikasi di atas, maka Anda kelihatan mampu untuk menjadi donor darah.

Setiap tahun banyak orang menyempatkan diri untuk memberikan darahnya, yang merupakan berkah kehidupan. Ini adalah langkah bagaimana Anda bisa memulai menjadi donor darah :

  • Hubungi Palang Merah daerah untuk mempelajari tentang donor darah ini. Banyak wilayah tanpa henti melakukan donor darah di antara komunitas masyarakatnya secara terjadwal dengan tempat dan waktu yang spesifik.
  • Anda juga dapat mempelajari lebih jauh tentang kesempatan menjadi donor darah dengan mengunjungi situs palangmerah.org.

Kita semua mengharapkan darah tersedia bagi kita jika kita membutuhkannya, meski banyak orang yang memenuhi syarat untuk mendonor darah belum melakukannya. Cepat atau lambat kita akan menghadapi saat yang kritis dan kita membutuhkan darah, bagi kita atau bagi kerabat kita, seringkali dalam keadaan darurat. Jadi mengapa tidak merespon secara proaktif dan menjadi donor sekarang juga?

Jadilah seseorang yang membawa perbedaan dalam kehidupan seseorang dan jadikan diri Anda seorang pahlawan.

Sumber : Kathy Pride - CBN.com
Halaman :
1

Ikuti Kami