Puji Astuti

Official Writer
14435


Sebuah patung Yesus setinggi 30 meter, belum lama ini, dibangun di daerah perbukitan Citraland, Winangun, Manado, Sulawesi Utara. Patung yang diberi nama Monumen Yesus Memberkati ini merupakan patung Yesus tertinggi di Asia dan Eropa. Karena keistimewaannya tersebut, patung ini tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). Sebelumnya, rekor patung Yesus tertinggi ada di timur Lorosae dengan ketinggian 27 meter.

Monumen Yesus Memeberkati mengeksprsikan saat Yesus sedang memberkati muridnya. Seperti gambar dalam cerita kitab suci, posisi patung dibuat miring dengan bentuk tangan ke atas. Lokasi patung yang berdiri di atas bukit semakin meperkuat ekspresi patung. Patung ini dikerjakan oleh pembuatnya Ciputra hanya 18 bulan mulai dari perencaan ide hingga penyelesaian dengan biaya sekitar satu miliar rupiah.

Patung ini dibangun sebagai ungkapan syukur Ir Ciputra kepada Tuhan atas segala berkat yang diterima. Melalui patung Tuhan Yesus, Ciputra ingin mempersembahkan sebuah ikon baru untuk kota Manado yaitu sebuah lokasi tujuan wisata religi yang baru bagi masyarakat nusantara dan mancanagera.

Patung Tuhan Yesus ini menghadap kota Manado dan pemandangan pantai serta pulau Manado Tua. Patung Tuhan Yesus ini berdiri di ketinggian 192 meter dari lokasi CitraLand dan total 242 meter di atas muka laut kota Manado.

''Diharapkan dengan demikian banyak orang dapat menikmati suasana rohani di lokasi patung dan memberikan inspirasi kepada setiap pengunjung tentang kehadiran Tuhan Yesus menjadi manusia seperti kita untuk memperlihatkan cinta kasih Tuhan yang luar biasa,'' ujar Ciputra.
Mengelilingi patung Tuhan Yesus Memberkati, akan diletakkan empat buah patung dengan masing-masing sebuah prasasti yang menggambarkan penderitaan rakyat
Manado selama Perang Dunia II. Dengan meletakkan ke empat patung ini di kaki patung Tuhan Yesus terdapat pesan untuk setiap orang yang dalam penderitaan agar datang kepada Tuhan yesus untuk mendapatkan kelegaan.

Setiap patung disertai dengan sebuah lempengan beton prasasti dengan ukuran 1,4 m x 1,4 m sebagai emblem yang masing-masing memiliki gambar tulisan 1942-1945, lambang burung manguni yang juga menjadi lambang kota Manado, gambar pohon kelapa dan lambang kerajaan asing. Kehadiran prasasti yang berbentuk emblem ini menunjukkan bahwa ke empat patung ini memang memiliki pesan dengan nilai historis.

Ke empat patung tersebut bukan saja mampu menggambarkan dengan tepat apa yang terjadi selama masa Perang Dunia II, tetapi juga menggambarkan yang telah terjadi di masa kecil Ciputra. Gambaran pedagang yang menderita adalah cocok dengan gambar sosok ayah Ciputra yang ditangkap oleh penjajah pada 1944 di Bumbulan dan dibawa ke Manado. Ayah Ciputra kemudian mati di penjara Manado. Sampai saat ini Ciputra tidak mengetahui letak kuburan ayahnya.

Patung-patung ini dibuat dari dua bongkah batu solid yang diambil dari sungai Ciliwung Bogor. Masing-masing patung diperkirakan beratnya 2 ton dan berukuran kurang lebih 1 m3. ke empat patung ini dibuat oleh Bernard Los di Bogor. Patung YesusNamun rencana untuk mendirikan monument bagi rakyat Manado ini tidak terlaksana karena perubahan politik pada 1949. Bernard Los sendiri kembali ke Belanda sejak 1951 dan meninggalkan surat kuasa kepada sahabatnya untuk mengurus patung-patung itu. Setelah terabaikan selama 55 tahun, Ciputra membelinya dan akan meletakkan di kaki patung Tuhan Yesus di CitraLand Manado.

Selama masa penyusunan konsep dan perencanaan patung, Ciputra berdoa terus-menerus dan memohon agar Tuhan Yesus sendiri memberikan inspirasi kepadanya. Setelah melalui pergumulan dan perenungan akhirnya Ciputra memutuskan apa yang menjadi konsep utama dari patung dan dituliskan dalam prasasti yakni judul patung 'Tuhan Yesus Memberkati', sejumlah firman Tuhan dan motto orang Sulawesi Utara yakni Sitou Timou Tumou Tou.

Sumber : Berbagai Sumber/VM


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7253

Banner Mitra Juni Week 1-2