Obat Batuk Dan Flu Berbahaya Bagi Anak-Anak!!

Info Sehat / 29 October 2007

Kalangan Sendiri

Obat Batuk Dan Flu Berbahaya Bagi Anak-Anak!!

Lestari99 Official Writer
17491

[SILVER SPRING] Sebuah penelitian terbaru bidang kesehatan di Amerika Serikat (AS) menyatakan pemberian obat batuk dan obat flu kepada anak-anak di bawah usia 6 tahun yang selama ini banyak digunakan masyarakat sangat berbahaya. Untuk itu, dianjurkan untuk tidak digunakan lagi.

Tim Penasihat Kesehatan AS yang mengeluarkan rekomendasi ini akhir pekan lalu mengatakan, para produsen obat harus melakukan uji klinis untuk memperlihatkan kondisi teraktual dari obat yang diproduksi.

Tim penasihat itu mengaku para relawan yang menjadi objek penelitian memperlihatkan dengan jelas tidak adanya cukup bukti dan tidak tepat obat-obatan yang seharusnya diberikan kepada orang dewasa bisa dikonsumsi anak-anak.

"Studi tersebut menunjukkan tidak adanya manfaat dari obat itu," ujar Robert Daum, dokter spesialis penyakit infeksi anak-anak dari Rumah Sakit Anak-anak Universitas Chicago.

Atas temuan itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) akan mempertimbangkan hasil penelitian tersebut dan menyatakan konsumsi obat batuk dan flu berbahaya bagi anak-anak. Sebuah grup dokter spesialis anak dan kesehatan masyarakat secara resmi telah mengajukan petisi atau permohonan kepada FDA agar membatasi penjualan obat batuk dan flu kepada anak-anak di bawah usia 6 tahun.

Diperingatkan

Diperingatkan obat-obatan yang dikonsumsi anak-anak dapat mengakibatkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung tiba-tiba, halusinasi, bahkan kematian. Namun para produsen obat membantah sinyal tersebut dengan mengatakan produk obat-obatan yang mereka keluarkan aman dan efektif untuk anak-anak di atas usia 2 tahun.

Melalui perdebatan panjang, akhirnya komite penasihat FDA menggelar voting terbuka dengan hasil 21-1 di mana memutuskan obat batuk dan flu yang mengandung bahan antihistamines, decongestants atau antitussives, tidak direkomendasikan bagi anak-anak di bawah usia 2 tahun.

Komite itu juga menolak penggunaan obat untuk anak usia antara 2 dan 6 tahun dengan hasil perolehan suara 13-9. Sedangkan bagi anak-anak usia 6-12 tahun rekomendasi komite tidak secara tegas melarang penggunaan obat tersebut.

Menurut data Asosiasi Produk Kesehatan Konsumen AS, seperti dilaporkan Reuters, sebanyak 95 juta paket obat batuk dan flu terjual setiap tahunnya di AS.

Sumber : suarapembaruan
Halaman :
1

Ikuti Kami