5 Kandungan Pernikahan Bahagia

Marriage / 17 December 2005

Kalangan Sendiri

5 Kandungan Pernikahan Bahagia

Fifi Official Writer
5181
1. Komitmen

Jika dua orang tidak secara solid berjanji satu sama lain, pernikaha mereka cepat atau lambat akan mengalami perpecahan. Kepercayaan adalah dasar pernikahan yang baik, dan kepercayaan dimulai dengan komitmen. Setiap anda perlu tahu bahwa pasangan anda. Janji pernikahan tradisonal mengatakan : "...dalam baik atau buruk, dalam kaya ataupun miskin, dalam sehat ataupun sakit : untuk mengasihi, menghormati, dan menghargai hingga kematian memisahkan kita". Ini adalah komitmen yang sesungguhnya. Saya dan istri telah memilki komitmen dimana kami tidak akan pernah memakai kata-kata cerai. Kami berdua secara total berkomitmen untuk jujur, dapat dipercaya dan mencintai seumur hidup.

2. Komunikasi

Tanpa komunikasi, satu tim akan masuk dalam masalah. Jikalau baik saya maupun istri saya tahu kami sedang memerlukan susu dari swalayan terdekat, namun kami tidak pernah bicara tentang siapa yang akan membelinya, lalu kami mengambil resiko untuk punya terlalu banyak susu atau tidak ada susu sama sekali. Adalah penting bahwa anda mengkomunikasikan pikiran, gagasan, rencana dan pendapat secara regular. Anda juga perlu mengkomunikasikan perasaan anda - baik semua kegembiraan, ketakutan maupun frustasi dalam hati anda. Penulis H. Norman Wright mengatakan bahwa komunikasi adalah kunci bagi suatu pengertian diantara pasangan dan untuk bertumbuh semakin intim. Ketika komunikasi bertumbuh lambat, pasangan anda akan menjadi dingin, ada jarak dan akan ada ketidakpuasan.

3. Koordinasi

Tanpa koordinasi pernikahan anda akan menghadapi konflik dan tekanan; anda akan menemukan diri anda bekerja menantang satu sama lain. Koordinasi artinya menggambarkan cara untuk bekerja sama dengan menggunakan bakat dan kemampuan pasangan. Itu tidak berarti bertanding satu sama lain atau membiarkan satu orang mengerjakan semua tugas. Ketika upaya anda terkoordinasi, hidup menjadi lebih mudah dan ada lebih banyak yang diselesaikan. Beberapa bulan lalu saya dan istri saya mengerjakan rehab lantai dapur kami. Kami bekerja sebagai satu team - menarik lantai tua-nya, memasang ubin dan mengisi celah-celahnya dengan adukan semen. Setiap kali saya melihat lantai dapur yang baru, saya diingatkan bahwa melalui koordinasi yang kami lakukan, ada yang diselesaikan. Mereka yang mengkoordinasi upaya mereka dapat menyelesaikan permainan, menuntaskan proyek dan menciptakan persahabatan yang menyambungkan dua hati bersama-sama.

4. Pertimbangan

Tanpa pertimbangan, perasaan akan terluka dan mimpi anda akan tergelincir diantara jari-jari anda. Kekurangan pertimbangan adalah bentuk keakuan (egoisme), dan pemain egois yang merusak satu team. Pasangan team yang sesungguhnya menunjukkan pertimbangan untuk perasaan, kesukaan, kebutuhan, hasrat dan pilihan partnernya. Rasul Petrus mengatakan pada para suami agar hidup dengan pertimbangan bersama istrinya, dan memperlakukan mereka dengan hormat.. supaya tidak ada yang mengganjal doa kita (1 Petrus 3:7). Kekurangan pertimbangan menghalangi harapan, ketika pertimbangan yang nyata pada akhirnya memberi anda apa yang anda inginkan. Ini berlaku baik pada pria maupun wanita. Seperti halnya saya memberi pengertian dan sensitif pada istri saya, demikian juga dia menjadi pengertian dan sensitif pada saya. Pada kenyataannya, apa yang dia berikan pada saya seringkali jauh melebihi apa yang saya berikan terlebih dahulu pada dirinya. Ketika kami saling mempertimbangkan satu sama lainnya, komunikasi dan koordinasi kami akan bertumbuh. Demikian juga dengan pernikahan kita.

5. Kejelasan

Tanpa kejelasan visi, satu team tidak punya tujuan atau arahan. Pemain berkeliling tanpa tujuan dalam arena atau tergelincir masuk dalam putaran spiral ketakuatn. Mimpi memberikan kita kejelasan. Mereka memberi energi pada kita dan memotivasi kita dan memberi kita harapan. Seseorang satu kali berkata bahwa jika anda tidak punya tujuan, anda mungkin akan menghantamnya. Jangan biarkan hal ini terjadi pada diri anda. Bermimpilah yang besar dan bermimpilah bersama-sama. Rencanakan masa depan dengan kegairahan dan antisipasi. Robert F. Kennedy satu kali berkata : "Beberapa orang melihat sesuatu seperti diri mereka dan mengatakan "Mengapa?", namun saya bermimpi sesuatu hal yang tidak pernah ada dan mengatakan : "Mengapa tidak?". Satu pasangan yang mencari pada arah yang sama dapat berjalan tahap per tahap dengan kepastian dan kepuasan. Kita semua perlu mimpi, ditambah dengan hasrat dan keberanian untuk mengejarnya. Saya dan istri punya ratusan mimpi : mimpi untuk pernikahan kami, untuk anak-anak kami, untuk rumah dan komunitas kami, mimpi tempat-tempat yang akan dituju, hal-hal yang harus dilakukan dan memori yang akan dibuat. Ada juga mimpi pendidikan, mimpi rekreasi, mimpi pelayanan. Semua mimpi ini menarik kami menjadi satu team, memberi hidup kami tujuan yang lebih besar dan arti serta kejelasan.

Ketika anda dan pasangan anda membngun dan menguatkan satu sama lain dengan lima faktor diatas, anda akan menemukan anda menemukan anda benar-benar bekerja sebagai satu team. Dengan demikian, anda akan menemukan bahwa : Komitmen + Komunikasi + Koordinasi + Pertimbangan + Kejelasan = Kandungan Pernikahan Anda
Halaman :
1

Ikuti Kami