Kumpul Keluarga

Single / 13 December 2005

Kalangan Sendiri

Kumpul Keluarga

Fifi Official Writer
4250
Akhir tahun adalah waktu bersenang-senang bersama keluarga besar! Berkumpul bersama setelah terpisah dan sudah lama tidak bertemu bisa jadi momen yang sangat menyenangkan. Dan sebenarnya tidak perlu persiapan khusus untuk bertemu mereka. Tapi banyak orang yang ternyata bingung mengadapi momen ini dan bingung pula bagaimana bersikap dengan baik. Yang ada, mereka jadi tidak nyaman dan menghindari pertemuan ini.

Lalu apa tipsnya supaya acara bersama keluarga besar dapat berjalan dengan baik dan membawa sukacita terutama untuk diri anda sendiri?

1. Bersiaplah bertemu dengan realitas. Maksudnya, jangan menetapkan harapan berlebihan terhadap keluarga besar anda sendiri. Nenek mungkin masih hobi mengkritik cara berpakaian anda. Tante Lidya mungkin masih super cerewet seperti biasanya. Linda, sepupu anda mungkin masih tidak suka tersenyum seperti biasanya. Jika anda menyadari dan menerima realitas itu, anda akan lebih santai dan menikmatinya tanpa perlu takut tersinggung atau sejenisnya.

2. Fokuslah pada reaksi anda. Karena itulah satu-satunya yang bisa anda kontrol. Jika dulu anda pernah bertengkar dengan oom Sandi karena berbeda pendapat, maka kali ini, mengalahlah jika anda bertemu dia lagi.

3. Pelajari dengan benar silsilah keluarga dan tanyakan pada orang tua tentang keluarga besar secara detail dan kabar terakhir mereka supaya anda bisa nyambung dengan seluruh keluarga ketika bercakap-cakap.

4. Jangan suka menyendiri atau menghindar dari siapapun. Hadapi setiap orang dengan senyum dan bagikan pengalaman hidup anda untuk membangun mereka. Jadilah orang yang selalu bicara dan bertindak positif. Kapan lagi bisa jadi panutan untuk seluruh keluarga besar?

5. Selalu ingat bahwa ini adalah momen langka yang patut dikenang dan dinikmati. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi besok. Karena itu, setiap momen harus dihargai dan digunakan secara maksimal.

6. Tahun ini, buatlah suatu perubahan yang berbeda dari sebelumnya. Kalau misalnya, tahun-tahun lalu anda nyaris tidak pernah curhat dengan Rika, sepupu anda yang masih SMP itu, kini dekati dia dan jalin hubungan yang lebih akrab. Atau misalnya anda tidak pernah menunjukkan bakat didepan keluarga besar, tahun ini bernyanyilah satu lagu untuk mereka. Atau jika biasanya anda tampil cuek, kali ini tampillah se-elegan mungkin. Perubahan positif adalah kejutan yang menyenangkan!

Selamat berkumpul dengan keluarga besar!
Halaman :
1

Ikuti Kami