Berikan Saya Kebebasan Waktu!

Investment / 21 November 2005

Kalangan Sendiri

Berikan Saya Kebebasan Waktu!

yosefel Official Writer
5006

Selama bertahun-tahun saya telah bicara tentang satu pergerakan yang kita lihat dari sistem konvensional yaitu membayar orang untuk "WAKTU" mereka kepada membayar orang untuk "HASIL" pekerjaan mereka. Sekarang kita melihat fenomena ini tengah melanda konsep lama, lingkungan perusahaan yang telah jenuh.

Best Buy adalah satu perusahaan terpanas untuk model pekerjaan baru ini. Program mereka yang baru dinamai ROWE atau "results-only work environment," yang mencoba merobohkan harapan terhadap model bisnis konvensional yang menyamakan antara "kehadiran fisik" dengan "produktivitas". Tujuan dari Best Buy adalah mempertimbangkan hasil pada keluaran dibanding atas jam kerja.

Jadi sekarang para pekerja yang masuk kantor pada jam 2 siang tidaklah dianggap sebagai keterlambatan. Sebaliknya, mereka yang pulang pada jam 2 siang tidak dianggap sebagai pekerja yang pulang cepat atau mangkir kerja. Tidak ada jadwal kerja. Tidak ada banyak pertemuan untuk memberi mandat tugas. Pekerjaan tidak lagi menjadi tempat dimana anda pergi, namun sesuatu yang anda lakukan. Bisa-bisa saja untuk mengadakan konferensi sementara anda "berburu" tugas diluar, melakukan janji kerjasama dari rumah pinggir danau anda, atau melakukan "log on" urusan bisnis setelah makan malam sehingga anda dapat menghabiskan sore dengan anak anda yang masih kecil.

Ada pergeseran yang halus selama beberapa tahun, namun Best Buy paling terbuka dengan fleksibilitas pekerjaan baru ini. Di IBM, 40% tenaga kerja tidak memiliki jam kerja kantoran, di AT&T, sepertiga manajer dapat bekerja dari tempat manapun yang mereka pilih. Sun Microsystem Inc. menghitung bahwa ada 400 juta dollar (3.6 trilyun) selama enam tahun untuk biaya real estate dengan membiarkan hampir setengah pekerjanya pergi bekerja kemanapun mereka mau. Dan trend ini kelihatannya memiliki kekuatan dan dasar. Baru-baru ini studi dari Boston Consulting Group menemukan bahwa 85% eksekutif mengharapkan satu pertambahan jumlah pegawai lepas selama lima tahun terakhir. Pada kenyataannya, di banyak perusahaan, produk baru paling inovatif mungkin justru adalah struktur lapangan kerjanya itu sendiri.

Jadi bagaimana dengan anda? Maukah anda mengembangkan dalam lingkungan pekerjaan dimana nilai anda dinilai semata-mata pada pencapaian yang anda hasilkan? Maukah anda menyambut kebebasan untuk tayang kerja hingga jam 2 siang saja pada hari Senin dan pada hari Kamis sore sudah dapat pergi memancing?. Ya, saya menyadari bahwa ada sejumlah pekerjaan amat berhubungan dengan sepenuh waktu. Namun saya mengira ada sekitar 80% pekerjaan dapat dikerjakan dengan model seperti ini.

Sekarang ketiklah kalimat "results only work environment" di mesin penjejak Google dan lihatlah bagaimana model pekerjaan ROWE ini tengah mengalami ledakan.

Halaman :
1

Ikuti Kami