Formula Tuhan Untuk Panjang Umur Bag. 2

Formula Tuhan Untuk Panjang Umur Bag. 2

Admin Spiritual Official Writer
6704
Dalam bagian dua tulisan ini, Dr. Richard D. Dobbins mengajar pada keluarga jalan yang sehat dalam menangani konflik yang sehat dalam rumah tangga.

Mengurangi Konflik Dalam Keluarga

Pernahkah anda memperhatikan apa yang terjadi kala seorang suami istri sedang ada dalam konflik?. Biasanya mereka menghakimi satu sama lain dengan penghakiman masing-masing dan saling mempertanyakan otoritas pihak lain - terkadang sekaligus keduanya. Jika anda diberkati dengan orang tua yang punya kemampun dalam menangani penyelesaian konflik, maka anda belajar untuk tidak takut pada suatu konflik. Anda belajar bagaimana penyelesaian konflik dapat mengurangi tekanan di rumah.

Pada kenyataannya dapat menjadi sesuatu yang sehat bagi seorang anak untuk melihat adanya konflik dalam keluarga. Itu adalah obyek pelajaran yang mengagumkan untuk anak, dengan syarat orang tua punya kemampuan dalam penyelesaian konflik. Itu mengajarkan seorang anak untuk tidak menjadi lumpuh oleh ketakutan akibat perbedaan ekspresi dalam mengemukakan sesuatu.

Seorangpun tidak dapat melalui kehidupan dan menjadi orang yang berintegritas tanpa pengalaman terlibat konflik dengan orang lain. Ini adalah biasa. Jika anda tidak berhati-hati, anda mengendalikan sikap anda dengan tingkat kenyamanan anda. Ketika anda melakukan hal itu (selalu ingin dalam keadaan nyaman), apa yang sering terjadi adalah bahwa anda mundur dari konflik tanpa pernah mendapatkan penyelesaian. Hal ini tidaklah sehat.

Adalah tidak sehat untuk individu bila mereka memelihara tekanan dalam tubuh mereka. Dan itu juga tidak sehat untuk suatu hubungan karena persoalan diantara kelompok masih belum diselesaikan. Ini tentu tidak sehat untuk anak-anak karena melalui hal ini tekanan akan memenuhi keluarga dan lingkungan rumah.

Orang tua yang bijaksana mendiskusikan pilihan yang berbeda menghadapi banyak keadaan. Keluaran dari suatu pertimbangan yang mendalam seharusnya menghasilkan suatu negosiasi atau keputusan. Dengan keputusan ini akan ada pemecahan suatu konflik.

Anak yang melihat proses penyelesaian konflik yang sehat secara berulang dan berkala, ketika bertumbuh besar dalam rumah orang tuanya akan lebih dipersiapkan untuk kehidupan yang lebih panjang dan lebih besar.

Mengurangi Tekanan Meningkatkan Kesehatan

Penyakit kejiwaan adalah kelompok utama penyebab penderitaan orang di Amerika. Ada beberapa penyakit yang terjadi pada tubuh akibat dampak dari apa yang kita rasakan dan bagaimana kita berfikir.

Sepanjang periode waktu, dengan berfikir dan pendekatan konflik yang kita lakukan, kita mengakumulasi dalam tubuh dan otak suatu peningkatan level tekanan, kegelisahan atau permusuhan yang akhirnya lebih dari pikiran yang dapat kita toleransi.

Stress bisa turun menguasai tubuh. Terkadang ini terjadi dalam bentuk penyakit bisul, tekanan darah tinggi, penyakit gangguan pencernaan makanan dan juga berbagai tipe penyakit gangguan kejiwaan. Ada berbagai penyakit yang tubuh kita derita karena kita tidak belajar bagaimana memperlakukan tekanan yang dibawa oleh suatu konflik dengan atasan atau dengan orang lain dalam kehidupan kita.

Selama kita hidup, kita akan berurusan dengan bentuk otoritas dalam kehidupan kita. Seseorang akan selalu ada dalam posisi untuk mengatakan apa yang dapat dan tidak dapat kita lakukan. Jika kita belajar bagaimana berurusan dengan orang-orang ini dan dengan otoritas mereka, kita akan memiliki tingkat kegelisahan dan permusuhan yang semakin rendah.

Selalu ada harapan. Menyadari bahwa sekali anda membuka hidup anda kepada Tuhan, ada kekuatan dalan tulisan Firman Tuhan untuk menguduskan bagian kehidupan anda sepanjang periode waktu yang ada. Tidak pernah ada kata terlambat untuk berharap.

Ingatlah, sebagai orang tua anda memperlengkapi anak-anak anda dengan perilaku terhadap otoritas dan bentuk otoritas yang akan mereka ambil sepanjang kehidupan mereka. Lakukan tugas yang baik dengan melatih otoritas anda dalam kehidupan anak-anak, tentunya dengan kasih.

Tuhan ingin anda memiliki hidup yang panjang dan berguna. Jika anda memiliki konflik kemarahan terhadap bentuk otoritas dalam hidup anda, Roh Kudus ingin memperkenalkan anda pada Bapa di Sorga yang penuh Kasih, yang mencintai anda dengan mengirimkan anakNya mati bagi dosa anda. Tuhan tidak ingin anda takut padaNya. Dia ingin anda mengetahui bahwa adalah aman bagi kita untuk mempercayai Dia dengan hati anda. Letakkan kehidupan anda dalam tangan Tuhan. Sumber : Dr. Richard D. Dobbins - Emerge Ministries – cbn

Ikuti Kami