Ketika Anak Hamil di Luar Nikah

Parenting / 3 June 2012

Kalangan Sendiri

Ketika Anak Hamil di Luar Nikah

daniel.tanamal Official Writer
17518

Satu hal yang menakutkan sebagai orang tua adalah ketika mendengar anaknya berbuat masalah. Seperti masalah narkoba, pencurian, seks bebas, menghamili pacar atau dihamili pacar. Pastinya hal ini akan menjadi mimpi buruk sebagai orangtua. Umumnya, marah, kesal, kecewa dan malu adalah reaksi yang keluar ketika mendengar hal itu terjadi.

Namun haruskah sebagai orangtua terus menerus menyalahkan sang anak? yang justru dirinya didalam posisi mencari pertolongan terhadap orangtuanya. Terlebih ketika mengetahui anak kita hamil di luar nikah. Bagaimanakah reaksi kita seharusnya. Dirilis dari telaga.org perbincangan dengan narasumber Pdt. Dr. Paul Gunadi, menghasilkan beberapa poin penting untuk menghadapi posisi disaat yang genting.

Pertama, minta dan bimbinglah sang anak untuk datang kepada Tuhan, meminta pengampunan atas dosa yang telah dilakukan, (1 Yohanes 1:9). Ajak sang anak untuk berkomitmen dan berjanji kepada Tuhan bahwa tidak akan menyelesaikan dosa dengan dosa yang lain.

Kedua, ampuni dan beri pertolongan juga perhatian lebih kepada anak anda. Pengampunan adalah obat mujarab yang berdampak bagi sang anak, karena dirinya merasa sangat dikasihi dan dicintai.

Ketiga, jangan menyalahkan orang lain! jangan menyalahkan pasangan kita, anggota keluarga, ataupun teman-teman anak anda. Hal ini hanya akan membuat penyembuhan jiwa bertambah lama, baik anak anda maupun anda sendiri.

Keempat, jangan mengungkit-ungkit masa lalu dan jangan menyalahkannya. Jika hal ini terjadi, anda sama saja menjebak sang anak dalam bayang-bayang masa lalu.

Kelima, harus bersabar dan beriman. Problem yang besar seringkali membutuhkan waktu yang panjang, hal itulah yang membuat kita harus bersabar. Juga beriman ,karena kita bersandar kepada Tuhan dan bukan kepada manusia.

Apapun hasil akhirnya, menyelesaikan dosa dengan dosa lain bukanlah solusinya. Kita tidak dapat menanggung beban sendiri. Sandarkan semuanya itu kepada Tuhan dalam doa dan permohonan kita.

Sumber : telaga.org
Halaman :
1

Ikuti Kami