Ketika Sahabat Ungkap Pengakuan Terlarang

Single / 2 June 2012

Kalangan Sendiri

Ketika Sahabat Ungkap Pengakuan Terlarang

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
10539

Pengakuan Bimo membuat Yola sangat terkejut. Bagaimana tidak, teman baiknya itu mengaku bahwa dia menyukai sesama jenis alias gay. Hal yang sama juga terjadi pada Tesa, gadis berkacamata itu masih tidak percaya dengan apa yang baru saja diungkapkan Reni. Sahabatnya sejak SD itu baru saja mengaku bahwa dirinya sudah melakukan hubungan seks sebelum menikah dengan pacarnya.

Mendengar orang yang anda kasihi membuat pengakuan yang sangat mengejutkan seperti yang dialami Yola dan Tesa memang bukanlah hal yang mudah. Salah bersikap, mungkin anda bisa menjerumuskan atau kehilangan mereka. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan untuk meresponi pengakuan terlarang dari orang yang anda kasihi :

Bukan Ekspresi, Tapi Bagaimana Impresi Anda

Tidak ada yang bisa mengatur ekspresi kaget seseorang karena itu adalah yang manusiawi. Namun yang harus anda atur dan perhatikan adalah ucapan yang keluar dari mulut anda. Pastikan anda dalam keadaan tenang ketika mengeluarkan pernyataan, karena kalimat pertama yang keluar dari mulut anda menggambarkan impresi anda.

Jangan Menghakimi, Hargai Kejujurannya

Kejujuran bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, karena itu hargailah kejujuran mereka dan jangan menghakimi. Berikan waktu anda untuk mendengarkannya berbicara. 

Mintalah Tuntunan Tuhan

Selama anda mendengarkan dia berbicara, berdoalah agar anda bisa memiliki hatiNya Tuhan dan bisa memberikan kalimat-kalimat yang membangun. Membangun bukan berarti membenarkan perbuatan mereka, tapi sebaliknya arahkan mereka untuk kembali berjalan sesuai kehendak Tuhan.

Minta Bantuan dari Ahli

Setiap orang mempunyai batasannya sendiri-sendiri. Jika anda memang tidak bisa membantu mereka untuk menyelesaikan masalah mereka, Anda bisa merekomendasikan orang lain yang berkompeten di bidangnya. Ini adalah salah satu bentuk dukungan terhadap sahabat anda sekaligus wujud kasih anda padanya.

Jadilah Penjaga Rahasia

Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah menjaga kerahasiaan pengakuan sahabat anda itu. Jika memang ada orang yang harus mengetahui rahasia ini, biarkan sahabat Anda yang mengatakannya langsung, Anda juga bisa mendampinginya apabila memang dibutuhkan. Jadilah sahabat yang baik dengan tetap berada di sisinya di saat dia mengalami masa-masa yang berat.

Sumber : vina cahyonoputri
Halaman :
1

Ikuti Kami