Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
458


Anak jaman sekarang kecenderungannya gampang sakit. Masih muda aja udah sakit-sakitan.

Kebanyakan anak muda yang mudah sakit ini ternyata ditemukan karena pola hidup yang gak sehat loh. Terutama bagi mereka anak kosan yang lagi kuliah maupun yang kerja. Gaya hidup yang gak sehat ini dalam jangka panjang bisa jadi berujung pada kondisi penyakit yang parah loh.

Nah, supaya masa mudamu gak dirusak sama penyakit-penyakit yang gak baik, mending lakuin beberapa tips hidup sehat ini:

1. Selalu Sarapan

Anak kosan harus tahu kalau sarapan itu penting banget bagi kesehatan.

Di pagi hari, kita kan bakal memulai aktivitas yang penuh. Jadi mau gak mau kita harus punya banyak energi. Satu-satunya sumber energi di pagi hari ya dari sarapan.

Jadi jangan pernah melewatkan sarapan ya!

2. Atur Jadwal Makanmu

Kesibukan bisa membuat anak-anak kosan lupa makan. Menahan rasa lapar dalam jangka waktu yang lama hanya akan menyebabkan beragam penyakit seperti maag, asam lambung, migrain, sakit empedu dan sebagainya.

Nah, biar gak menunda-nunda makan lebih baik membuat jadwal makan yang teratur. Hal ini bisa jadi pengingat supaya kamu gak lupa makan.

3. Selalu Bawa Cemilan

Aktivitas sehari-hari yang begitu sibuk harusnya membuat kita cari ide supaya bisa tetap mengisi lambung dengan makanan.

Karena itu, membawa bekal seperti cemilan kecil di tas bisa sangat membantu sebagai pengganjal perut selama masa-masa sibuk. Dengan itu, kita gak membiarkan perut kosong dalam waktu yang lama.

4. Tetap Aktif

Sehat itu juga gak hanya soal makan. Tapi gimana kita hidup seimbang, termasuk berolahraga dengan teratur.

Jadi, sisakanlah waktumu setiap hari untuk berolahraga, seperti lari, berenang atau jalan. Aktivitas ini bisa menurunkan risiko stress dan depresi.

5. Perhatikan Cara Duduk dan Tidur

Kebiasaan berbaring sambil belajar membuat tubuh jadi pegal. Kalau dilakukan dalam jangka waktu yang lama kamu bisa saja sakit punggung, nyeri otot, migraine dan pusing.

Jadi, pastikan untuk duduk atau berbaring dengan posisi yang benar. Salah satu kebiasaan yang juga harus dihindari adalah terlalu lama bermain ponsel dalam posisi berbaring atau tengkurap.

Baca Juga:

Mengenal Pola Diet ‘16:8 Intermittent Fasting’ yang Dijalani Artis Jennifer Aniston

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Kalau Kebanyakan Makan Daging, Waspada!

6. Hindari Minum Kopi atau Makan Sebelum Tidur

Minum kopi atau makan makanan cepat saji sebelum tidur hanya akan membuat tubuh kita lemas. Jadi, cobalah untuk mengurangi kafein atau junk food sebelum tidur.

7. Berhenti Minum Alkohol

Minum alkohol dalam jangka waktu yang lama hanya akan merusak bagian organ dalam tubuh, terutama lambung dan liver.

Kebiasaan minum alkohol sebelum makan bahkan jauh lebih berisiko lagi. Jadi, daripada harus jatuh sakit di usia muda mending gak usah coba-coba deh.

8. Minum Suplemen

Selain makan teratur dan olahraga, memenuhi kesehatan dengan suplemen juga penting loh. Hal ini berguna untuk menjaga stamina tetap fit dan membantu fungsi tubuh bekerja dengan baik.

Atau kalau kamu gak suka dengan suplemen dalam bentuk pila tau sirup, pilihlah untuk makan buah atau minum jus yang teratur setiap hari. Mulai dari mangga, alpukat, jeruk, apple, anggur, tomat, wortel dan sebagainya.

9. Selalu Penuhi Asupan Makanan Sehat

Makanan instan dan siap saji adalah makanan yang paling difavoritkan oleh anak-anak kosan. Karena selain mudah, harganya juga lebih terjangkau.

Tapi tahukah kamu, kalau sebenarnya makanan ini justru hanya akan jadi sumber penyakit loh! Mie Instan, gorengan, snack murah dan sebagainya, ini semua hanya akan merusak tubuh kita.

Kesehatan itu mahal harganya, karena itu kita juga perlu mengisi tubuh kita dengan makanan-makanan sehat berkualitas dan terjamin kesehatannya.

Jangan tunggu memulai hidup sehat setelah jatuh sakit. Mulailah dari hari ini dan perbaiki kebiasaan makanmu yang tidak baik. Anak kosan perlu memprioritaskan kesehatan dari apapun yang kamu anggap penting.

Sumber : Boldsky.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

BaiqNur Afriliani 8 December 2019 - 12:19:17

Komunikasi lebih dari sekedar kata-kata. Jelaskan .. more..

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:38

Samaritan

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:05

Samaritan purse

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7260

advertise with us