Naomii Simbolon

Official Writer
691


Mungkin tidak mudah bagi kamu untuk mengerti tentang hal ini tapi asal kamu tahu bahwa kesehatan fisik ataupun kesehatan mental adalah sesuatu yang penting banget untuk kamu perhatikan.

Kesehatan mental akan sangat mempengaruhi suasana hati, emosi kamu, hingga perilaku dan dalam kondisi yang parah akan merugikan dirimu sendiri serta orang lain.

Apakah kamu sedang depresi saat ini? Salah satu yang mungkin menjadi alasan kenapa kamu depresi adalah masalah tempat kerja. Yah, nggak bisa dipungkiri kalau tekanan pekerjaan hingga lingkungan pekerjaan rentan bikin kita stres.

Jika kita tidak menanganinya, maka hal seperti ini nggak cuma menganggu kinerja kamu, tapi juga kondisi mental kamu.

Oleh karena itu, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental kamu di tempat kerja tetap baik  :

1. Bicarakanlah apa yang kamu rasakan

Membicarakan perasaan yang kamu alami saat ini bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan mental dan menghadapi masa yang sulit. Kamu mungkin bisa bicara dengan kolega atau manajer yang kamu percayai. Tapi, jika kamu merasa nggak ingin membicarakannya di tempat kerja, pastikan ada seseorang yang bisa kamu ajak diskusi seperti teman, pasangan atau keluarga.

2. Olahragalah secara teratur

Olahraga secara teratur sangat membantu kamu untuk berkonsentrasi, tidur lebih berkualitas dan merasa lebih baik. Bukan berarti kamu langsung pergi ke gym ya, setidakanya olahragalah lima hari dalam seminggu.

Jika kamu bekerjanya di kantoran, maka kamu bisa jalan-jalan sambil melakukan peregangan ketika makan siang.

3. Makanlah dengan baik

Apa yang kita makan bisa mempengaruhi perasaan kita dalam jangka yang panjang. Mungkin sulit untuk mempertahankan pola makan tetap sehat di tempat kerja. Tapi, kamu bisa makan seperti biasa tapi komsumsi air putih yang banyak ya.

Cobalah untuk menjauh dari pekerjaan sejenak ketika kamu makan. Sebaliknya, kamu bisa makan bersama teman-teman  kantor, saling berbagi makanan dan mencoba mencari hal-hal baru.

Saat kamu sedang sibuk dan stres, cobalah mengurangi asupan kafein. Gantilah buah atau camilan seperti kacang.

4. Jagalah komunikasi

Hubungan merupakan kunci kesehatan mental. Jadi, bekerja dalam tim sangat dibutuhkan dan sangat penting bagi kesehatan mental kamu.

BACA JUGA : 5 Dampak Polusi Udara Yang Tak Disangka-sangka. Salah Satunya Meningkatkan Bunuh Diri!

5. Jangan ragu untuk meminta bantuan ya

Nggak ada manusia yang super. Kadang kita akan merasa lelah dan kewalahan oleh apa yang kita rasakan atau ketika semuanya nggak sesuai dengan rencana. Jadi jangan ragu untuk meminta bantuan ya.

6. Istrahatlah

Saat kamu lelah, stres, cobalah ambil cuti sehingga kamu punya waktu luang untuk istrahat. Saat sedang cuti, kamu nggak usah mikirin soal kerjaan ya.

Selain liburan, kamu juga bisa memutuskan untuk tidur. Dengarkan tubuh kamu, tidurlah dengan nyenyak, supaya mental kamu membaik dan konsentrasi kamu juga.

7. Terima dirimu apa adanya

Kita semua berbeda. Jadi terimalah dirimu bahwa kamu itu unik. Jangan menyalahkan dirimu sendiri tapi lebih percayalah dan motivasi dirimu sendiri

Jangan lupa berdoa ya. Tanya Tuhan tentang apa yang Dia mau untuk pekerjaanmu. Jika memang membuatmu tak bertumbuh , pindah saja. Tapi pastikan menemukan pekerjaan dulu sebelum pindah ya!

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7245

Banner Mitra Juli 1-2