Naomii Simbolon

Official Writer
1034


Hubungan antara remaja dan orangtua serta peran orangtua adalah hal yang sangat penting bagi perkembangan anak.

Semakin baik hubungan yang dibangun maka semakin baik pula tumbuh kembang anak.

Begitu juga sebaliknya, kalau hubungan kamu dan suami berantakan maka pertumbuhan anak-anak bisa berantakan dan celaka.

Ada banyak orangtua atau pernikahan yang nggak menyadari bahwa sebenarnya pernikahan kamu itu adalah tontonan tiap hari bagi anak. Sadar atau tidak sadar, anak-anak adalah orang yang sangat dekat dengan pernikahanmu, dan setiap hari mereka melihat apa yang terjadi dan memperhatikan kamu dan pasangan.

Jadi, jangan kita bahwa anak-anakmu tidak tahu-menahu soal pernikahanmu, melainkan merekalah yang paling mengerti dan mereka jugalah orang yang pertama sekali akan kena imbas dari pernikahanmu, entah itu imbas yang baik atau yang buruk.

Saya menulis artikel ini sebagai mana saya adalah anak, dan saya adalah orang yang menyaksikan pernikahan orangtua saya, dan membuat saya bertumbuh menjadi saat ini.

1.  Beritahulah kepada anakmu bahwa pernikahan itu tidak selalu seindah di film dongeng

Jangan merasa tegar dan menutupi masalah dalam pernikahan kepada anak, karena mereka sangat mengerti apakah kamu berbohong atau nggak, apakah kamu terluka atau nggak.

Hal ini hanya akan membuat anak menjadi bingung harus berbuat apa, bahkan ada beberapa anak yang mungkin akan mengambil tindakan yang tidak benar, yaitu menghakimi siapa yang salah dan mulai membagi kasihnya dengan kamu dan juga ayahnya.

Saya ingat gimana adik saya pernah berkata, bahwa "Papa sangat jahat, dia selalu memarahi mama diam-diam. Tapi mama nggak mau kasih tau kita, cuma wajahnya sangat sedih banget kak."

Padahal belum tentu kebenarannya begitu loh. Jadi, sebagai orangtua, mending ngobrollah kepada mereka. Bahwa pernikahan itu tidak selalu bahagia, kadang kamu dan suami bisa berantem tapi nanti akan baikan lagi.

2. Jangan sampai musuhan dengan suami berhari-hari di depan anak

Ini akan mengajarkan mereka tentang dendam. Padahal kan, kasih itu sabar.

Meskipun kamu sedang marah, setidaknya sebelum kalian tidur cobalah untuk baikan kembali dan membicarakan masalah kalian.

Jika anakmu tahu bahwa kalian berantem, jelaskan kembali bahwa kamu dan suami butuh waktu merenung dan akan membicarakan hasil renungannya nanti malam sebelum tidur.

Dengan begitu, anak-anakmu menjadi mengerti, meski pernikahan tidak selalu baik, tapi selalu ada cara untuk menyelesaikannya.

3.  Tunjukkanlah betapa kamu mencintai isterimu dan betapa kamu menghormati suamimu

Ini penting banget dalam pernikahan dan menunjukkannya kepada anak-anakmu.

Kenapa? Supaya mereka pun tahu bahwa mereka adalah pria terhormat dan wanita yang layak dicintai dan dihargai.

Dalam masa muda mereka, mereka jadi paham bahwa mereka bukan pria atau wanita sembarangan karena melihat kedua orangtuanya memperlakukan masing-masing penuh kasih.

BACA JUGA : Teruntuk Suami, Inilah 4 Hal Yang Diinginkan Isteri Darimu. Peka Dong!

Jangan pernah meneriaki isterimu di depan anak-anakmu, apalagi memukulnya. Justru kasihilah dia dengan cinta yang tulus, tunjukkan betapa kamu menghargai dan mencintai isterimu.

Isteri juga begitu, jangan pernah menyuruh suamimu seakan-akan dia adalah pembantu rumah tangga. Tapi perlakukan dia dengan hormat, jadilah penolongnya dan bela lah dia dalam doamu. Percayalah, dengan begini maka pernikahan kalian akan terus diberkati dan menjadi berkat bagi anak-anakmu.

Ketika ulangtahun, rayakanlah dengan kecil-kecilan, ajak anak-anakmu. Pas sakit, rawatlah dengan kasih dan ajak anak-anakmu juga.

4. Dalam pernikahan, buatlah mezbah doa bersama dan terbukalah satu sama lain dalam mezbah itu

Saya selalu bermimpi untuk membuat sebuah mezbah doa dengan suami dan anak-anakku, dimana kami berdoa bersama, membaca Alkitab bersama dan curhat bersama.

Dengan begini, kamu dan anak-anakmu menjadi terbuka satu sama lain, kalian menjadi keluarga yang penuh kasih, dan dekat banget.

Selain itu, memiliki mezbah dalam keluarga adalah sebuah keharusan. Karena tidak satupun pemimpin tertinggi dalam pernikahan dan hidup kita selain Tuhan Yesus. Jadi, bagaimana pun, biarlah keluargamu bergantung kepadaNya, baik itu anak-anakmu, dan juga isteri bahkan kamu sendiri.

Ajarlah isteri dan anak-anakmu mengenal Tuhan melalui doa dan membaca firmanNya.

Jadi, itulah 4 hal wajib kamu renungkan dan coba deh terapkan dalam pernikahan kamu. Pernikahan sangat mempengaruhi anak-anakmu, jadi sekali lagi bangunlah pernikahanmu menjadi jauh lebih baik dari sekarang.

Butuh curhat dengan kami? Yuk, hubungi Sahabat24 :

 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7253

advertise with us