Lori Mora

Official Writer
805


Bicara soal benar tidaknya undian atau yang kita kenal dengan istilah ‘LOTERE’ dalam bahasa Indonesia, mari belajar dari serial televisi berjudul ‘Cleaning Up’.

Jadi, tayangan televisi ini bicara soal seorang ibu dari dua anak yang bekerja sebagai seorang cleaning service. Melalui sebuah agency, dia bekerja membersihkan ruangan di sebuah perusahaan keuangan.

Namanya Sam. Dia harus menjalani pekerjaan ini setelah bercerai dari suaminya karena kecanduannya terhadap lotere atau undian. Setiap kali menemukan undian, dia akan mencoba sampai pada akhirnya dia kehilangan semua uang. Kecanduannya terhadap undian benar-benar sudah dalam kondisi kronis. Bahkan dia tega menghabiskan semua uang hadiah yang diberikan orangtuanya untuk ulang tahun putri keduanya demi lotere.

Sam merasa semakin frustrasi setelah tujuannya untuk mendapatkan uang dari lotere justru berujung pada utang yang terus menumpuk. Mau tak mau, dia harus cari akal untuk melunasi utang dengan melakukan kejahatan besar yaitu mencuri informasi dari perusahaan dimana dia bekerja.

Serial televisi ini membuktikan betapa buruknya undian bagi kehidupan seseorang. Hal itu bukan hanya merusak kepercayaan pasangan, bagi yang sudah menikah, tapi juga merusak kehidupan anak-anak dan juga diri sendiri.

Serial Cleaning Up ini benar-benar mengajarkan soal tindakan keliru seseorang dalam mencari uang melalui undian. Hal ini bukan hanya dilarang dilakukan oleh orang-orang Kristen, tapi bahkan orang-orang di luar sana penting untuk memahami dampak buruk dari undian.

Baca Juga:

Terlalu Sibuk? Ini yang Para Pemimpin Butuhkan Untuk Lebih Hidup Produktif

Wajib Tahu! 9 Ayat Alkitab yang Bicara Soal Uang dan Pengaruhnya Bagi Hidup Orang Kristen

Menurut Alkitab, ada 7 alasan kenapa undian dianggap salah.

1. Undian hanya tindakan butuh diri secara spiritual

“Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.” (1 Timotius 6: 9-10)

2. Termasuk tindakan curang

Dalam perumpamaan tentang talenta yang disebutkan Yesus, disampaikan bahwa tindakan kita dalam menggunakan talenta harus dipertanggungjawabkan.

“Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta.” (Matius 25: 16-17)

“...kami melakukan pekerjaan tangan yang berat. Kalau kami dimaki, kami memberkati; kalau kami dianiaya, kami sabar..” (1 Korintus 4: 12)

3. Ikut undian hanya tindakan bodoh

Undian hanyalah sebuah peluang dimana seseorang bisa menang diantara sekian banyak orang. Dan kebanyakan dari mereka yang ikut undian berharap bisa jadi orang yang beruntung. Tapi tentunya itu adalah tindakan bodoh.

4. Undian adalah bentuk lain dari perjudian

Lotere atau undian adalah salah satu bentuk perjudian yang dilakukan dalam bentuk yang tidak langsung.

5. Undian hanya jebakan bagi orang-orang yang butuh uang

Undian hanyalah jebakan untuk membuat seseorang jatuh dalam kecanduan parah. Target utamanya adalah orang –orang yang membutuhkan uang.

6. Selain undian, ada solusi lain untuk mengatasi masalah keuangan

Sebuah survei yang dilakukan oleh Opinion Research Corporation untuk Federasi Konsumen Amerika dan Asosiasi Perencanaan Keuangan mengungkapkan bahwa 21 persen dari orang yang disurvei ternyata berpikir bahwa lotere adalah cara praktis untuk mengumpulkan kekayaan.

Sayangnya, itu bukan cara bijaksana untuk mendapatkan uang dalam waktu singkat. Karena risikonya jauh lebih fatal dibandingkan dengan apa yang akan didapatkan.

7. Undian membuat seseorang menjadi tamak

Salah satu kebohongan dunia adalah bahwa uang jadi jawaban untuk masalah kehidupan. Orang-orang terpikat bermain lotere karena diiming-imingi kalau hidup mereka akan lebih baik dan masalah mereka akan teratasi, misalnya utang maupun kebutuhan hidup yang mendesak.

“Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Inipun sia-sia.”  (Pengkhotbah 5: 10)

Apa kamu pernah terjebak dalam tindakan ini? Atau mulai menyadari bahwa undian ternyata salah? Yuk, sekarang ambil komitmen untuk melepaskan kebiasaan tersebut. Jangan sampai kamu malah kecanduan dan kehilangan hal-hal berharga dalam hidupmu hanya karena undian.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7255

Banner Mitra Juni Week 1-2