Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
446


Mengatakan 'tidak' itu sangat mudah.

Tetapi ketika menyangkut sebuah hubungan baik itu hubungan pertunangan dan pernikahan, nggak mudah untuk membedakan kapan waktu yang tepat untuk mengatakan tidak.

Semua bisa menjadi berantakan, apalagi ketika pasangan melewati batasan-batasan sehat dalam hubungan.

Demi pernikahan yang baik kelak, sebaiknya pertimbangkanlah untuk melatih mengatakan 'tidak' mengenai hal dibawah ini kepada pasangan kamu :

1. Katakan 'tidak' untuk membandingkan pasangan atau gaya pacaran kalian yang ada di media sosial.

Siapa sih yang nggak iri ketika melihat foto orang lain makan romantis dengan pasangannya? Bernyanyi dibawah sinar bulan, atau diberikan hadiah yang romatis, dan sementara pasangan kamu tidak pernah melakukan itu.

Saya pernah mendengar teman saya berkata kepada pasangannya, 'Sayang cowok ini atletis banget ya. Kamu olahraga deh, biar kayak dia."

Mungkin awalnya ingin memotivasi atau membangun hubungan lebih baik, tapi jika melulu membandingkan seperti ini maka bisa menyebabkan bahaya dan merusak hubungan kamu. Karena tidak satupun pasangan yang terus menerus nyaman dibanding-bandingkan.

Dari pada membandingkan pasangan, lebih baik mengatakan hal-hal yang positif mengenai pasangan dan hubungan kalian. Mengatakan janji dan rencana Tuhan yang khusus untuk masing-masing kalian, hubungan kalian hingga ke pernikahan.

2. Katakan 'tidak' untuk terlalu sibuk dan tidak memperioritaskan hubungan

Nah, ini nih yang harus digaris bawahin. Meski belum menikah, setidaknya harus belajar dari sekarang dong, bahwa hubungan adalah hal yang harus diprioritasin.

Jangan melulu sibuk dengan pekerjaan dan mengabaikan kamu. Yang ada, dia hanya akan datang ketika ada maunya saja. Jika hal ini dibawa sampai kepada pernikahan, maka pernikahan bisa sangat berantakan, terjadilah perselingkuhan bahkan anak-anak bisa kehilangan kasih yang baik dari kedua orangtuanya

Jadi, diskusikanlah dengan pasanganmu untuk membuat janji bahwa sesibuk apapun setidaknya harus menyisihkan waktu dengan pasangan dan membicarakan jalurnya hubungan hingga ke pernikahan. Cobalah untuk mengatur waktu quality time dan lain sebagainya.

BACA JUGA :

Wanita Bijak, Siapa Yang Tidak Terpana? Mari Belajar Sebelum Menikah Dengan 4 Tips Ini!

3. Katakan tidak kepada hutang

Ini nih yang jarang sekali dilakukan oleh orang yang berpacaran. Justru ketika kalian pacaran dan serius dengannya, masalah keuangan harus mulai dibahas.

Utang piutang harus dibicarakan, apakah pasangan kamu memiliki hutang yang banyak atau bagaimana?

Jika dia memiliki hutang, maka beritahukan agar melunasinya sebelum kalian lanjut kepada pernikahan, dan pastikan untuk dia tidak membuka lubang hutang lagi.

Karena jika dia berhutang, dan hutangnya banyak sekali, tentu akan merusak keuangan kalian ketika menikah kelak kan?

Nggak mau kan menikah hanya untuk membayar hutang sampai tua? Gimana jika pasanganmu terus menerus melakukannya dalam pernikahan, maka kamu akan pusing kan? Jadi, pastikan membahas ini sejak sekarang ya!

Hubungan itu bukan tentang kamu saja, tapi tentang kamu dan dia, jadi pastikan komunikasikan 3 hal diatas dan lakukanlah dengan baik, agar hubunganmu lancar, sampai pada pernikahan dan memberkati banyak jiwa.

 

 

Sumber : christianpost/ jawaban


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yance Salinggi 27 February 2020 - 12:26:16

Hubungan

0 Answer

Marcellinus Chandra Kurniawan 27 February 2020 - 08:55:53

Ask about GOD.. Where is True GOD?

0 Answer

Marcellinus Chandra Kurniawan 27 February 2020 - 08:49:59

Filistin

0 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7264

Banner Mitra Februari 2020 (3)