Langkah Super Nggak Biasa Ini Bikin Konsentrasimu Kembali, Lho. Cobain Yuk!
Sumber: CV Library

Finance / 30 May 2019

Kalangan Sendiri

Langkah Super Nggak Biasa Ini Bikin Konsentrasimu Kembali, Lho. Cobain Yuk!

Inta Official Writer
1653

Buat jadi produktif pada saat kita bekerja, konsentrasi adalah hal sangat diperlukan. Sayangnya, nggak semua orang bisa mudah fokus. Apalagi kalau kita juga sedang menghadapi banyak permasalahan. Jadinya, pekerjaan nggak selesai-selesai, dong.

Ternyata, buat dapetin konsentrasi supaya fokus kita balik cukup lakuin hal sederhana ini, lho. Sering banget kita skip, sebab dianggap justru buang waktu. Padahal kalo dilakuin, mood dan fokus yang buruk pun bisa baikan.

1.  Sarapan pagi

Saking banyaknya tugas, kita jadi males buat sarapan. Nggak sempat. Padahal, sarapan pagi cukup berpengaruh buat meningkatkam fokus kita, lho. Coba aja kalau kita bekerja dalam kondisi perut yang lapar, pasti kan tidak nyaman. Nah, kalo emang alasan loncatin sarapan karena waktu yang mepet, coba deh bangun lebih pagi.

2.  Minum air putih

Nah ini, kita lebih pilih kopi dibanding air putih. Katanya, air putih justru bikin beser dan bolak-balik kamar mandi. Air sangat dibutuhkan untuk peredaran darah ke otak, sehingga kita jadi lebih fokus. 

Kalau pendapat penulis pribadi, buang air kecil yang sering karena sering minum air putih sebenarnya juga baik kok. Perjalanan dari meja kerja ke kamar kecil juga kan bikin kita gerak sekaligus cara buat ngasih jeda buat mata untuk beristirahat.

3.  Memejamkan mata

Duh, kayaknya pekerjaan udah super bikin diri sendiri penat dan sangat lelah. Kalau sudah begini, cara terbaik adalah dengab memejamkan mata sebentar. Cobain deh buat sekitar 3-5 menit. Lewat cara ini, otak kita akan jadi lebih plong. Kadang kan mata juga butuh waktu untuk istirahat, apalagi kalo terlalu sering menatap layar komputer.

4.  Menarik napas dalam-dalam

Beneran sederhana banget, tapi tarik napas dalam-dalam sebanyak 4 atau 5 kali akan membantu kita memenuhi kebutuhan oksigen buat otak. Sirkulasi oksigen yang stabil dalam otak akan membuat kinerja otak jadi jauh lebih baik, yang tentunya bikin fokus kita segera kembali.

5.  Menghitung sampai 100

Loh, kok menghitung? Emang mau tidur? Banyak orang yang protes atas cara ini, tapi manfaatnya bagus banget. Kembalikan konsentrasi kita dengan menghitung 1-100, atau sebaliknya. Aktivitas ini dianggap mampu dan efektif bagi sebagian orang untuk mendapatkan kembali fokus mereka.

Wah, ternyata sangat mudah, ya. Kita selalu mengira kalau mengembalikan focus butuh perjuangan. Padahal, cukup dimulai dari hal yang sangat sederhana seperti hal di atas. Intinya, kalau kita merasa penat dan udah nggak fokus buat bekerja, ada baiknya buat menarik diri dan berhenti sejenak. Dengarkan lagu atau sekedar menyapa teman di sebelah meja kerja.

Jadi, mana nih yang paling efektif buat kamu? 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami