Ketahuan Pakai Trik SEO, Situs Rap Genius Dibungkam Google
Sumber: Kompas.com

Nasional / 3 January 2014

Kalangan Sendiri

Ketahuan Pakai Trik SEO, Situs Rap Genius Dibungkam Google

Yenny Kartika Official Writer
5293

Mesin pencari Google menghapus situs musik bernama Rap Genius dari daftar pencarian mereka setelah ketahuan menggunakan trik SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan ranking.

Situs berisi lirik-lirik lagu ini mendapat penalti dari Google setelah pihaknya mengaku melanggar kebijakan SEO. Dalam sebuah postingan di blog Rap Genius, pendiri situs ini menjelaskan kecurangan yang mereka lakukan. Para blogger dipaksa memasukkan tautan balik ke lirik lagu Justin Bieber dari album Journal pada website mereka. Sebagai imbalan, Rap Genius kemudian memberikan kicauan (tweet) tautan tersebut pada situs milik para blogger.

Pemilik Rap Genius mengira trik ini akan memberikan keuntungan bagi para pengikut situs tersebut. Nyatanya, apa yang mereka lakukan telah menyalahi kebijakan Google yang berbunyi sebagai berikut: “Namun, beberapa webmaster terlibat dalam skema pertukaran tautan dan laman yang dibangun bersama secara eksklusif sebagai usaha penautan silang yang tidak mengindahkan kualitas tautan, sumber, dan akibat jangka panjang yang akan terjadi pada situs mereka. Hal ini melanggar Google pedoman webmaster dan dapat memberikan pengaruh negatif terhadap peringkat situs Anda dalam hasil telusur.”

Danny Sullivan, pakar mesin pencarian, menilai apai yang dilakukan Rap Genius sudah keterlaluan. Menurutnya, tindakan situs tersebut bisa berbahaya hingga jangka panjang, meskipun Rap Genius kini tengah berusaha membenahi pelanggaran yang terjadi.

“Kemungkinan ini adalah model bisnis yang sangat-sangat konyol untuk dilakukan sebuah situs lirik... Lirik, sepengetahuan saya, seringkali harus mendapat lisensi..” kata Sullivan.

Pihak situs menyatakan kesediaannya untuk mempelajari dan mengikuti aturan main Google Inc. Rap Genius akan berusaha untuk tidak lagi melanggar kebijakan yang dibuat oleh raksasa mesin pencari tersebut.

 

BACA JUGA:

Pasang Setengah Juta Lampu Natal, Keluarga ini Masuk Rekor Dunia

Diamlah!

Jangan Biarkan Otak Rusak Karena Kerja Berlebihan!

Jupe Ikut Rayakan Natal Bersama Gaston?

4 Alasan Kenapa Kita Seharusnya Tidak Pelit

Whispers of Hope: Berdoalah dengan Tanpa Henti

Gara-gara Pohon Natal, Tiga Wanita Berkelahi

Pohon Natal ini Diklaim Sebagai yang Terjelek Sedunia

Ini Dia 7 Pohon Natal Fantastis Sejagad Raya!

Sumber : Opptrends/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami