Pemprov DKI Jakarta Mulai Tertibkan Topeng Monyet

Nasional / 22 October 2013

Kalangan Sendiri

Pemprov DKI Jakarta Mulai Tertibkan Topeng Monyet

daniel.tanamal Official Writer
3329

Kebijakan terbaru Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang menggulirkan “Jakarta Bebas Topeng Monyet 2014” langsung dilaksanakan oleh para anggota Pemprov DKI Jakarta dengan menertibkan para pekerja topeng monyet sepanjang pekan ini. Untuk kebijakan tersebut DKI menggelontorkan anggaran puluhan juta rupiah.

Kata Jokowi, monyet-monyet itu selanjutnya bakal dikandangkan ke Taman Marga Satwa Ragunan. "Ya demi ketertiban karena mengganggu di perempatan, ya menyebar penyakit rabies. Makanya mau dibina. Kita tertibkan. Itu binatang liar yang dilindungi. Kalau membuat keramaian ganggu ketertiban umum. Tidak berperikemonyetan," kata Jokowi.

Nantinya anggaran puluhan juta rupiah itu dikeluarkan untuk membeli monyet-monyet yang dipekerjakan paksa oleh pawang. Satu monyet yang dibeli dari pawang topeng monyet seharga Rp 1 juta. Uang itu nantinya untuk modal usaha. Si pawang tidak boleh lagi bekerja sebagai pawang topeng monyet.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian, Ipih Ruyani nantinya monyet-monyet itu akan ditampung di Taman Marga Satwa Ragunan. Akan dibuatkan tempat khusus di sana. Monyet-monyet itu pun akan dipelihara dan diobati. "Sebagian di karantina sebagian ke Ragunan dan sebagian dikembalikan ke habitat aslinya," paparnya.

Masyarakat harus mulai membangkitkan kembali kepeduliannya terhadap hewan terutama yang diperlakukan tidak sewajaranya, seperti monyet-monyet yang dieksploitasi untuk bekerja. Apapun itu alasannya mempergunakan hewan untuk kepentingan mencari uang harus melalui prosedur ketat yang diatur oleh pemerintah.

 

 


Sumber : Okezone | Jaringnews
Halaman :
1

Ikuti Kami