'Default' Amerika Terhindarkan, Pemerintah AS Mulai Beroperasi
Sumber: mitrainvestor.com

Nasional / 18 October 2013

Kalangan Sendiri

'Default' Amerika Terhindarkan, Pemerintah AS Mulai Beroperasi

Lori Official Writer
4342

Setelah mengalami penutupan operasi pemerintahan Amerika Serikat (AS) selama 16 hari, DPR dan Senat akhirnya  menyetujui rancangan undang-undang anggaran AS pada Kamis (17/10) dini hari.

Kebuntuan ditengah desakan pelunasan utang Amerika yang berakhir Kamis (17/10) kemarin, akhirnya menemukan titik terang setelah mengadakan rapat antara DPR dan Senat pada Rabu (16/10) hingga larut malam. Kesepakatan pun akhirnya terjadi setelah kubu Demokrat menang atas dukungan sebesar 80 suara, sementara penolakan hanya sebesar 18 suara.

Persetujuan itu secara langsung menyelamatkan perekonomian Amerika yang hampir diambang ketidakpastian. Dalam hal ini, Senat menyetujui penaikan plafon utang sebesar 16.7 triliun dollar AS, yang artinya bahwa batas pinjaman pemerintah federal akan diperpanjang hingga 7 Februari 2014 dan dana pemerintah hingga 15 Januari 2014.

Sesaat setelah Presiden Barrack Obama menandatangi persetujuan dengan Kongres, Gedung Putih segera memerintahkan semua badan pemerintahan beroperasi kembali sejak Kamis (17/10).

Perseteruan yang sebelumnya dipicu oleh penolakan proposal jaminan kesehatan AS Obamacare oleh partai Republik yang sebagian besar menjabat di DPR dan Senat, akhirnya berakhir. Hal ini mencerminkan bahwa persoalan dapat diselesaikan dengan musyawarah untuk mufakat, bukan dengan saling berkeras dengan pendapat sendiri.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Bila Amerika 'Default', Dunia Bakal Terancam Resesi

KPK Resmi Tahan Andi Mallarangeng

Andi Mallarangeng Terima Ditahan KPK

Eleanor Catton, Penulis Termuda Raih Penghargaan Literatur

Resep Sarapan Spesial, Nasi Goreng Cabai Hijau

Pertahanan Kuat Timnas U-19 Lewat Pola 4-3-3

Sudahkah Anda Memiliki Gambar Diri Yang Benar?

Sumber : Voa | Jpnn | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami