Apa yang Harus Diperhatikan di Hari May Day 2013?

Nasional / 30 April 2013

Kalangan Sendiri

Apa yang Harus Diperhatikan di Hari May Day 2013?

Lois Official Writer
3931

Pada 1 Mei mendatang, dikabarkan akan ada gabungan serikat buruh yang akan menggelar aksi turun ke jalan secara besar-besaran. Ini laporan untuk demo buruh di Jakarta.   “Ada beberapa aksi serempak di beberapa kota seperti Jakarta, Medan, Batam, dan beberapa kota di Jawa Barat,” kata Presiden Serikat Pekerja Buruh seluruh Indonesia, Andi Gani Nena Wea beberapa waktu lalu. Ada beberapa hal yang perlu menjadi pusat perhatian kita pada hari buruh ini, yaitu :

 

Polisi Tegaskan Jalan Tol Tidak Ditutup

 

“Polisi akan berusaha agar tidak ada penutupan jalan tol,” ujar Wakil Kepala Polda Metro Jaya, Brigadir Jenderal Polisi Sujarno di Jakarta.  Pihak kepolisian akan mengedepankan pendekatan secara persuasif terhadap buruh saat perayaan aksi Hari Buruh Sedunia itu. “Kita imbau agar perusahaan dan buruh lebih baik menggelar acara seperti wayangan atau tumpengan,” ujar Sujarno.

 

Hal ini juga dipertegas oleh Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno dimana pihaknya sudah berkoordinasi dengan para pemimpin buruh. Pemimpin buruh tersebut sepakat aksi May Day akan dilakukan dengan damai dan tanpa anarki. Mereka juga berjanji tidak melakukan kekerasan dan tidak menutup jalan tol.

 

Ada 16 Elemen Buruh Kepung Jakarta

 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas), Boy Rafli Amar mengatakan bahwa polisi akan berusaha menjaga semua aktivitas masyarakat bisa berjalan normal. Seperti perkantoran, transportasi, dan sekolah. Pada aksi 1 Mei nanti, pihaknya mendapat laporan ada 16 elemen buruh yang akan terlibat seperti nelayan, petani, mahasiswa, maupun pekerja lainnya.

 

Lokasi Demo Buruh

 

“Kalau titik berkumpul di HI, lalu bergerak ke Istana (Negara) dan DPR. Semua akan dikawal oleh petugas yang sudah ditempatkan,” ujar Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno di Jakarta, Senin (29/4).

 

Selain jalan umum, ada beberapa pengamanan yang dilakukan pada lokasi demo buruh, khususnya pengamanan perusahaan dan pabrik di sekitar Jakarta. Selain itu, demo juga akan dilakukan di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

 

Jalur Alternatif

 

“Yang pasti jalan utama Sudirman-Thamrin akan ditutup, tetapi kami lakukan berdasarkan situasi dan kondisi,” ujar Putut lagi. Wakil Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo mengatakan bahwa arah Sudirman dan arah Istana, arah Semanggi akan ditutup dua arah. Selan itu, bagi yang ingin turun dari Bundaran HI melalui jalan bawah arah Casablanca pun akan ditutup. kendaraan massa aksi akan diletakkan di kantong parkir Monas Timur.

 

Untuk itu, jalan Asia Afrika akan diterapkan pengalihan arus, termasu dekat Hotel Mulia. Di arah tersebut, pengendara tidak boleh ke kanan arah Pejompongan dan Palmerah. Jadi harus lewat Lapangan Tembak. “(Namun) selama masih bisa dilewati maka tidak akan dilakukan penutupan,” jelasnya.

 

Untuk itu, waspadalah dengan kemacetan yang mungkin berlangsung dan beberapa lokasi yang mungkin akan ditutup karena demo buruh tersebut, terutama bagi Anda yang melewati daerah-daerah rawan demo. Kita berharap demo berlangsung damai dan tidak anarkis namun dapat mencapai tujuannya.

 

Baca juga :

May Day May Day...Indonesia Kembali Siaga I

Amankan Hari Buruh Sedunia, Polisi Siapkan Kuda

Pelajaran yang Dapat Ditarik dari Kenaikan Yesus

Berbagai Mitos Salah dalam Mendidik Anak

Berbagai Fakta Menarik Tentang Gigi

Forum : Kopdar Foto Hunting 2013

Resep Cemilan Rempeyek Kacang Hijau

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami