Meski Sudah Ditunda, Pelaksanaan UN Tetap Amburadul
Sumber: catatan-harian-fathan.blogspot.com

Nasional / 19 April 2013

Kalangan Sendiri

Meski Sudah Ditunda, Pelaksanaan UN Tetap Amburadul

Budhi Marpaung Official Writer
2974

Walau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan Sederajat di 11 Provinsi sudah ditunda, tetapi pada kenyataannya UN tetap saja amburadul.  

Di Kupang, Nusa Tenggara Timur, kegiatan UN yang semestinya dimulai kemarin, harus diundur menjadi Jumat (19/4). Adapun alasan penundaan adalah karena belum diterimanya seluruh naskah soal UN ke daerah tersebut.

Jajaran Dinas Pendidikan di Kota Kupang, bersama utusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun langsung bertemu dan menyepakati bahwa untuk mengisi kekurangan naskah UN, kedua belah pihak akan menggunakan cara memperbanyaknya dengan fotokopi.

Keadaan yang sama juga dialami Nusa Tenggara Barat. Namun, pengunduran UN di sana bukanlah pada harinya, melainkan jam pelaksanaan.

Kemarin, UN yang sedianya dilaksanakan pukul 07.00 WITA, diundur menjadi pukul 13.00 WITA.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Provinsi NTB H Lalu Syafii mengatakan, penundaan pelaksanaan UN di wilayahnya dikarenakan naskah soal di sejumlah sekolah di Kabupaten Lombok Tengah masih kurang.

"Saya diperintahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menunda pelaksanaan UN, karena harus dilaksanakan secara serentak. Jadi kita tidak boleh mulai pelaksanaan UN tersebut sebelum naskah soal di Lombok tengah lengkap," ucapnya sebagaimana dikutip Antara.

Permasalahan teknis UN seperti ini tak seharusnya terjadi kembali karena yang dirugikan sebenarnya bukanlah pemerintah, tetapi para siswa. Oleh sebabnya, Presiden harus meminta pertanggungjawaban Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait masalah UN yang tetap ada setelah ditunda. Bahkan sepertinya ide mengganti UN sebagai alat ukur kesuksesan proses pendidikan perlu ditampung.

Mari belajar dari apa yang sudah terjadi kini dan bahkan sebelum-sebelumnya supaya tak lagi kita berkubang di dalam persoalan-persoalan yang sudah ada.

Baca Juga :  

Jokowi-Basuki Tak Setuju Pelaksanaan UN

Never Gone, Lagu yang Begitu Soulful dari Colton Dixon

Messi Diragukan Tampil Lawan PSG di Camp Nou

Tersangkut Kasus, Kong Hee Dapat Dukungan Para Sahabat

Masih Takut Setan ?

Hasil MotoGP Qatar 2013 :  Lorenzo Pertama, Rossi Kedua

Kenji Michitakasago : Bocah Penuh Penderitaan

Sumber : merdeka.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami