Ahok Tidak Akan Tanggung Biaya Kesehatan Warga Bandel

Nasional / 18 March 2013

Kalangan Sendiri

Ahok Tidak Akan Tanggung Biaya Kesehatan Warga Bandel

Zee Official Writer
3411

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama menyatakan bahwa Kartu Jakarta Sehat tidak berlaku bagi warga Jakarta yang “bandel” dan tidak menjaga kesehatannya sendiri dengan baik.

"Misalnya ada yang ngerokok, minum alkohol, naik motor kebut-kebutan tidak mau pakai helm," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/13). "Kami bisa bikin aturan, kalau kamu bandel, kalau sakit ada apa-apa, urus sendiri uangnya,"  menurut Ahok, usaha ini merupakan sebuah pendidikan hidup sehat bagi masyarakat.

Sebagai pendukung program ini, peran dokter keluarga sangatlah diandalkan. Pemprov DKI Jakarta sedang mencoba membangun kerja sama dengan Persatuan Dokter Umum Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk meluncurkan program ini. Peran dokter yang aktif mendatangi rumah-rumah warga akan mengungkap gaya hidup masyarakat.

"Dokter bisa mengajukan kepada kami kalau memang warganya bandel, nanti akan ketahuan kan siapa yang perlu kami bina," ujar Ahok.

Ahok berharap pemetaan gaya hidup masyarakat ini dapat mendukung sosialisasi dan pembinaan kesehatan masyarakat dengan tindakan preventif dan promotif, "Nanti dilakukan oleh dinas, ya lurah, RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh agama. Kami akan turun ke bawah," katanya.

Dengan adanya program ini, setiap warga DKI dapat menjaga kesehatan dengan sosialisasi hidup sehat. Pada akhirnya nanti, masing0masing warga akan memiliki dokter keluarga yang bisa mereka hubungi.

"Jadi kalau pusing jangan ke toko warteg beli obat cap singa. Tinggal datang ke dokter yang terdekat dengan rumah mereka," kata Basuki.

Setiap pribadi bertanggung jawab atas diri mereka sendiri. Para perokok mengambil keputusan sendiri untuk melanjutkan kebiasaannya walaupun tahu bahwa hal tersebut berbahaya, untuk itu, apapun risikonya, meteka harus berani menanggungnya sendiri.

Baca juga artikel lainnya:

Ahok: Penertiban Bukan Wewenang Hercules

Realisasikan Program Bedah Kampung, Ahok Adakan Rapat Sore Ini

Ahok : Saya Bersikap Sesuai Norma Agama Saya

Oz: The Great and Powerful - Kekuatan VS Siasat


Sumber : tempo / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami