Bantai 750 Orangutan Per Tahun, Indonesia Disorot

Nasional / 14 November 2011

Kalangan Sendiri

Bantai 750 Orangutan Per Tahun, Indonesia Disorot

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2837

Indonesia sebagai habitat 90% dari 50 ribu hingga 60 ribu orangutan yang masih ada di dunia ternyata tidak bisa melestarikan satwa dilindungi tersebut. Sebuah penelitian terbaru menyebut warga desa di Kalimantan membunuh sedikitnya 750 orangutan dalam periode satu tahun.

Sebagian Orangutan dibunuh demi rangkanya, ada juga warga yang mengincar daging hewan itu. Hal ini menunjukkan bahwa manusia merupakan ancaman serius bagi hewan yang langka serta dilindungi oleh pemerintah.

Pembantaian orangutan bukan hanya isu di Indonesia melainkan sudah menjadi perhatian dunia. Erik Meijaard, penulis utama laporan yang dilansir dalam jurnal PLoSone mengatakan pembunuhan yang dilakukan warga desa di Indonesia itu mengancam keberadaan orangutan lebih parah dibandingkan sebelumnya.

“Ini merupakan kenyataan pahit," ucap Erik Meijaard.

Pada dasarnya, orangutan adalah satwa yang dilindungi baik oleh hukum nasional maupun internasional. Undang-undang melarang seseorang untuk memiliki, membunuh atau menangkap orangutan, namun nyatanya jumlah pembantaian orangutan tetap meningkat.

 

Halaman :
1

Ikuti Kami