Dewan Gereja Dunia Sambut Baik Penghentian Nuklir

Internasional / 1 December 2013

Kalangan Sendiri

Dewan Gereja Dunia Sambut Baik Penghentian Nuklir

daniel.tanamal Official Writer
4473

Perjanjian interim Iran dan enam negara dunia yang telah diselenggarakan di Jenewa, pada (24/11) silam mengenai penghentian nuklir, disambut baik oleh Dewan Gereja Dunia melalui Sekretaris Umum Pdt Dr Olav Fykse Tveit.

Olav percaya bahwa perjanjian tersebut menjadi sebuah harapan bagi perdamaian dan dirinya mengapresiasi para diplomatik keenam negara tersebut. “Dialog tersebut diyakini akan membuka barikade baru yang tidak lagi mengisolasi Iran selama hampir 30 tahun,” kata Tveit.    

Tveit mengatakan keenam negara tersebut membangun kepercayaan diri untuk meraih hubungan timbal balik yang baik di antara negara-negara tersebut agar tercipta perdamaian. “Saat ini penting untuk kita ketahui bahwa Perjanjian nuklir ini penting bagi perdamaian di dunia, terutama bagi negara-negara Timur Tengah,” lanjutnya.  

Sebelumnya pada Minggu (24/11) telah dilakukan kesepakatan antara Iran dan enam negosiator internasional mengenai program nuklir, yang dilakukan di Jenewa. Vladimir Putin, Presiden Rusia mengatakan kesepakatan tersebut berpengaruh positif terhadap perkembangan situasi internasional di kawasan Timur Tengah.

Enam negara yang disebut juga dengan P5+1 (China, Prancis, Jerman, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat,) dan Iran mencapai kesepakatan di Gedung PBB di Jenewa, tentang penyelesaian nuklir yang berlangsung beberapa puluh tahun belakangan ini.

Poin paling penting dari kesepakatan enam negara tersebut yakni pembekuan program nuklir Iran, dalam pertukaran dengan fasilitas pengayaan. Sebagai ganti dari sanksi ekonomi yang telah melumpuhkan perekonomian Iran.

 

Sumber : Satuharapan
Halaman :
1

Ikuti Kami