Jemaat Gereja Pasundan Berpakaian Khas Sunda di HUT Ke-79
Sumber: mizan.com

Internasional / 18 November 2013

Kalangan Sendiri

Jemaat Gereja Pasundan Berpakaian Khas Sunda di HUT Ke-79

Budhi Marpaung Official Writer
10290

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Gereja Pasundan Bogor, ratusan jemaat baik pria maupun wanita berpakaian khas suku Sunda pada ibadah Minggu (17/11).

Seperti dikutip dari Pos Kota Online, ratusan jemaat gereja laki-laki tampak menggunakan totopong atau ikat kepala dari batik lengkap dengan baju kampret yakni baju serba hitam. Sementara, jemaat wanitanya mengenakan baju kebaya.

Selain pakaian daerah yang digunakan, kentalnya nuansa Sunda di saat HUT ke-79 Gereja Pasundan tampak dengan diadakannya prosesi adat yakni Ki Lengser ketika menyambut kedatangan pendeta.

Di acara peringatan HUT Gereja Pasundan kemarin, terlihat hadir Wakil Wali Kota Terpilih Usmar Hariman. Sang Wagub pun menyatakan apresiasi kepada Gereja Pasundan atas kepedulian terhadap budaya Sunda.

“Sudah selayaknya kita berada di Kota Bogor mencintai budayanya sendiri yakni budaya sunda,“ ujar Usmar.   

Di tempat yang sama, Pendeta Suluh dari Gereja Pasundan mengaku bahwa keluarga besar Gereja Pasundan memang sengaja menggelar peringatan HUT ke-79 dengan nuansa Sunda. Sebab, seperti diketahui Gereja Pasundan berada di Bogor yang notabene berada di wilayah tatar Sunda.

“Walaupun jemaat gereja terdiri dari suku yang berbeda beda namun, berada di tatar sunda maka, selayaknya mengangkat budaya Sunda. Siapa lagi kalau bukan kita yang mengangkat budaya Sunda tersebut,“ pungkas Suluh.

Keberadaan gereja di Indonesia sudah sepantasnya menyesuaikan dengan kearifan lokal dimana gereja itu berada. Kita tidak boleh anti atau justru menghilangkannya. Jika memang tidak bertentangan dengan Alkitab, kita wajib melestarikannya agar budaya yang positif ini tetap terpelihara dan dikenal oleh generasi di masa mendatang.


Baca juga :

Ephorus : Gereja HKBP Harus Jadi Berkat Bagi Dunia

Life Story, Album Komplilasi Para Finalis IGPL yang Menginspirasi

Berpijak Pada Firman-Mu

Terima Kasih Mitra CBN, Saya Mendapatkan Pekerjaan Baru

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI  

Cegah Diabetes Dengan Tidak Duduk Lama-Lama

Sumber : poskota.co.id / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami