Pengesahan RUU Ormas Rawan Motif Tersembunyi

Internasional / 23 June 2013

Kalangan Sendiri

Pengesahan RUU Ormas Rawan Motif Tersembunyi

daniel.tanamal Official Writer
3143

Pengesahan Undang Undang Organisasi Massa (Ormas) yang akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang mendapat penolakan dari Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) melalui Sekretaris Eksekutif-nya Romo Benny Susetyo.

Romo Benny menduga ada motif tersembunyi dalam pengesahan UU ini. "Jadi ada motif tersembunyi. Penguasa akan mengontrol ormas menjadi tidak berkembang dan tidak kritis," kata Romo Benny di kantor Wahid Institute, Jakarta, Minggu (23/6).

Menurutnya, RUU Ormas masih terlalu luas jangkauannya dan tidak jelas pengaturannya. Ia menilai pengesahan RUU ini menjadi UU akan sangat berbahaya karena dapat melakukan intervensi terhadap seluruh ormas di Indonesia. Dirinya juga mempertanyakan apakah pengesahan UU ini dapat menjawab dalam penertiban ormas.

Pengesahan RUU Ormas menandakan adanya perbedaan antara kebutuhan pemerintah dan masyarakat. Kalau alasan pengesahan RUU Ormas untuk menertibkan sejumlah ormas yang kerap melakukan kekerasan, seharusnya dapat dimaksimalkan dengan pendekatan hukum.

Hal ini semakin diperparah dengan malah tidak adanya pembahasan sanksi terhadap ormas dalam RUU Ormas. "Apakah UU ini menjawab persoalan di masyarakat? Katanya untuk menertibkan ormas bermasalah, tapi malah tidak ada sanksi di dalamnya," katanya menjelaskan.

 

 

Baca Juga Artikel Lain:

PGI : DPR Tidak Akomodir Rakyat

Tsunami Himalaya Tewaskan 5000 Jiwa di India

WHO: Ancaman Kekerasan Pada Perempuan Meningkat

Inggris Cabut Sumpah Setia Pramuka Kepada Tuhan

 


Sumber : republika
Halaman :
1

Ikuti Kami