Seluruh Kardinal Telah Lengkap Hadir di Vatikan, Kapan Konklaf Dimulai?

Internasional / 8 March 2013

Kalangan Sendiri

Seluruh Kardinal Telah Lengkap Hadir di Vatikan, Kapan Konklaf Dimulai?

Puji Astuti Official Writer
2956

Hari ini, Jumat (8/3) Kardinal Jean-Baptiste Pham Minh Man tiba di Vatikan dan bergabung dengan para koleganya siap untuk pelaksanaan konklaf. Kardinal Jean Babtiste adalah kardinal asal Vietnam dan merupakan kardinal terakhir yang tiba di Roma dari 115 kardinal yang akan menentukan paus berikutnya.

Sejak Senin lalu (3/3) para kardinal yang telah tiba di Vatikan menggelar rapat dan juga doa bersama mengawali persiapan konklaf. Dari 115 kardinal yang berhak ikut konklaf, ada dua kardinal yang tidak dapat hadir, yaitu kardinal Keith O'Brien dari Skotlandia dan Kardinal Julius Riyadi Darmaadmadja dari Indonesia. Pelaksanaan konklaf diharapkan dapat dilangsungkan pada hari Senin nanti (11/3).

Pelaksanaan konklaf nanti akan berada di tempat dengan keamanan yang ketat dan para kardinal disumpah untuk menjaga rahasia apa yang menjadi bahan pembicaraan dan hasilnya

"Jika ada yang tahu ada yang melanggar ini (sumpah), mereka harus mengatakannya," demikian ungkap Bapa Federico Lombardi, juru bicara Vatikan.

Berdasarkan hukum Vatikan, para kardinal memiliki waktu hingga 20 Maret untuk memulai konklaf dan memilih seorang pemimpin baru bagi 1,2 miliar umat Katolik. Beberapa hal yang menjadi topik utama pembahasan pada konklaf kali ini adalah masalah pelecehan seksual, juga reformasi berkenaan selibat para pastor, hak kelompok homoseksual dan peran wanita dalam gereja.

Tantangan yang akan dihadapi oleh pemimpin baru gereja Katolik sangat besar. Mari dukung para kardinal yang akan membuat keputusan agar pemimpin baru umat yang terpilih nanti mampu mengemban tugasnya dengan baik.

Baca juga artikel lainnya :

Liliyana Natsir Akui Sulit Untuk Pertahankan Gelar All England

Fakta Unik Seputar Hugo Chavez

Meliburkan Diri Dari Tuhan

Tiga Hal Penting Untuk Mengalami Sukacita Pernikahan

Sumber : BBC | CNN | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami