Gereja Methodis Fiji Akhirnya Diizinkan Adakan Pertemuan Tahunan

Internasional / 12 June 2012

Kalangan Sendiri

Gereja Methodis Fiji Akhirnya Diizinkan Adakan Pertemuan Tahunan

Budhi Marpaung Official Writer
4038

Setelah empat tahun dilarang, Gereja Methodis di Fiji dan Rotuma  diberikan izin oleh pemerintah untuk menyelenggarakan konferensi tahunannya.

Namun begitu, masih ada beberapa kekhawatiran atas ketatnya persyaratan yang diberikan pemerintah seperti pertemuan tidak boleh ada kaitannya dengan Festival nasional Hibiscus yang akan diadakan pada bulan Agustus, harus berlangsung tidak lebih dari tiga hari, konferensi hanya dapat diadakan dari pukul 8:00 hingga 20:00 setiap harinya yakni dari Rabu sampai Jumat saja, dan harus dilakukan di gedung Gereja Centenary.

Tidak sampai disitu saja, gereja bahkan diinstruksikan  hanya  mendiskusikan permasalahan gereja dan tidak bukan masalah politik. Kegiatan  seperti kompetisi paduan suara dan pengadaan stand informasi, turut menjadi hal yang dilarang.

Apabila semua ketentuan tersebut dilanggar, aparat kepolisian sudah mengeluarkan peringatan bahwa mereka akan langsung mengambil "tindakan serius".

Sementara itu, keluarnya izin pertemuan tahunan ini disambut baik oleh sinode Gereja Methodis tetapi muncul sedikit kecemasan di dalam diri mereka karena seperti konferensi tahun lalu yang sudah mendapatkan izin tiba-tiba dibatalkan  beberapa jam sebelum jadwal mulai.

Christine Elliott, Sekretaris bidang Hubungan Eksternal Gereja Metodis di Inggris menyatakan : "Meskipun kondisi yang ada sekarang begitu ketat, tetapi pemberian izin konferensi sudah merupakan langkah maju, dan kami bersyukur serta tidak berhenti berdoa agar Fiji  kembali melangkah ke demokrasi."

Apa yang terjadi di Fiji dimana ruang gerak gereja dibatasi oleh pemerintah banyak juga dialami gereja-gereja lain di dunia. Oleh sebab itu, mari kita doakan agar kebebasan sepenuhnya untuk menjalankan kegiatan bersifat kerohanian ini dapat terwujud di wilayah-wilayah tersebut. Sampai itu tiba, doakan juga agar orang-orang percaya yang mengalami tekanan dapat tetap kuat dan memberitakan kabar baik kepada orang-orang belum percaya kepada Tuhan yang ada di sekitarnya. 

Baca juga :

Euro 2012 : Hasil Pertandingan Ukraina vs Swedia 2 - 1 

Berkat Rollercoaster, Nyawa Emma Selamat Dari Tumor Otak

Seorang wanita asal rusia memperkosa 10 pria

Sumber : christiantoday.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami