Banyak Sekolah Sepakbola Hanya untuk Tujuan Bisnis

Nasional / 26 August 2013

Kalangan Sendiri

Banyak Sekolah Sepakbola Hanya untuk Tujuan Bisnis

Yenny Kartika Official Writer
4570

Menjamurnya sekolah-sekolah sepakbola (SSB) yang seharusnya bermanfaat bagi pembinaan potensi muda, justru disayangkan karena dianggap hanya mementingkan sisi bisnis dan juara.

“Sekarang ini makin menjamur SSB di Jakarta. Ada yang orientasinya bisnis daripada kualitas pemain, sementara SSB di Jakarta yang sudah lama berdiri memang benar-benar tujuannya pembinaan,” demikian pernyataan pengurus SSB Mutiara Cempaka, Muchsin, di sela-sela Festival Sekolah Sepak Bola U-12 se-Jabodetabek di Jakarta, Senin (26/8) kepada BeritaSatu.

Muchsin juga mengaku kecewa dengan PSSI yang tidak menaruh perhatian pada SSB. “SSB saat ini tidak ada perhatian dari PSSI. PSSI bahkan jarang turun ke SSB,” tegas Muchsin.

Sebagai pengurus SSB, Muschin mengharapkan keterlibatan FIFA untuk memperbaiki kualitas SSB yang ada di Indonesia. “Mungkin PSSI dapat mengutus pelatih bersertifikat FIFA untuk mengadakan pelatihan sebulan sekali, atau dapat memberikan bola ke SSB. Karena sebenarnya masih banyak SSB yang menggunakan bola yang tidak sesuai standar anak-anak,” lanjut Muchsin.

Menjadi juara memang penting, tetapi apalah arti kejuaraan tanpa pembentukan karakter. Di balik kemenangan maupun kekalahan, setiap anak seharusnya belajar tentang perjuangan, sportivitas, dan kedisiplinan. Kejuaraan hanyalah berlaku untuk sementara, namun kualitas mental dan karakter jauh lebih bertahan lama.

 

BACA JUGA:

Liga Inggris 2013/2013: Prediksi Manchester United vs Chelsea

Barcelona Berhasil Dapatkan Suarez

VIDEO: Alasan Ingin Senang-senang, Nyawa Pemuda Ini Melayang

UU Homoseks Disahkan, Kamus di Inggris Ubah Definisi 'Pernikahan'

Sumber : BERITA SATU | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami