Semifinal Liga Champions 2013 : Inilah Profil Robert Lewandowski
Sumber: dailytelegraph.com.au

Nasional / 25 April 2013

Kalangan Sendiri

Semifinal Liga Champions 2013 : Inilah Profil Robert Lewandowski

Budhi Marpaung Official Writer
3796

Memborong empat gol di pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions 2013 antara Borussia Dortmund versus Real Madrid, Kamis (25/4) dini hari WIB, membuat nama Robert Lewandowski langsung menjadi buah bibir publik sepakbola di dunia.

Para pecinta si kulit bundar pasti bertanya-tanya siapakah Lewandowski ini? Sebagaimana dikutip dari Wikipedia, Lewandowski merupakan pria kelahiran Polandia, 21 Agustus 1988.

Darah olahragawan yang dimilikinya merupakan turunan dari kedua orangtuanya. Sang ayah, Krzysztof (meninggal pada 1995) adalah juara judo di Polandia dan pesepakbola klub Hutnik Warszawa. Sementara, sang ibu, Iwona merupakan pemain bola voli amatir wanita.

Sejak belia, Lewandowski sudah getol dengan sepakbola. Seusai menimba ilmu di klub tingkat junior, ia pun memutuskan berkarir di lapangan hijau.  

Perjalanan sepakbola profesionalnya dimulai pada 2005 tepatnya di klub lokal Polandia, Varsonia Warsaw. Ketika membela tim tersebut, Lewandowski sukses mencetak 4 gol dari 10 penampilannya.

Beberapa waktu kemudian dalam tahun yang sama, ia pindah ke Legia Warsaw II, salah satu klub ternama di Polandia. Di sana, permainan Lewandowski sangat tidak berkembang.  Hingga akhir musim 2005/2006, pria yang memiliki 184 cm tersebut hanya mampu membuat dua gol.

Selepas dari Legia Warsaw II, Lewandowski pun melangkahkan kaki ke Znicz Pruszkow. Menariknya, saat bermain di tim kelas tiga Liga Polandia ini ia justru menemukan ketajamannya.

Namun baru dua musim berjalan yakni 2006-2008, Lewandowski menandatangi kontrak dengan klub Polandia lainnya yakni Lech Poznan. Di Lech Poznan, ia mencetak  32  gol dari 58 penampilan.

Permainan impresif yang ditunjukkan selama musim 2008-2010, membuat Borussia Dortmund tertarik meminangnya. Setelah negoisasi dengan Lech Poznan berhasil dilakukan, awal musim 2010/2011, ia pun resmi berbaju Die Borrusen.

Terlepas dari quatrik yang dibuat beberapa jam lalu, setidaknya 50 gol sudah dipersembahkan Lewandowski pada Dortmund. Melihat usia yang masih muda dan produktif, bukan tidak mungkin 100 gol akan diberikannya bagi klub pesaing Bayern Munchen ini.

Mampukah Lewandowski terus bersinar dan menjadi mesin gol Dortmund di berbagai kompetisi ? sepertinya hanya waktu yang dapat membuktinya.  

Baca juga :

Semifinal Liga Champions 2013 : Magath Prediksi Bayern vs Barcelona

Jokowi-Basuki Tak Setuju Pelaksanaan UN

Never Gone, Lagu yang Begitu Soulful dari Colton Dixon

Tersangkut Kasus, Kong Hee Dapat Dukungan Para Sahabat

Hasil MotoGP Qatar 2013 :  Lorenzo Pertama, Rossi Kedua

Kenji Michitakasago : Bocah Penuh Penderitaan

Sumber : Wikipedia.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami