Tahukah Anda Bagaimana Astronot Menggunakan Toilet?

Nasional / 7 February 2011

Kalangan Sendiri

Tahukah Anda Bagaimana Astronot Menggunakan Toilet?

Lois Official Writer
3100

Bukan hanya tentang hal-hal teknis maupun pengetahuan tentang luar angkasa yang perlu dipelajari, astronot pun harus belajar mengenai hal-hal kecil lainnya. Contohnya saja bagaimana mereka dapat menggunakan toilet dengan benar. Untuk itu, NASA memiliki ruang pelatihan khusus di Johnson Space Center di Houston.

Setiap astronot diharuskan untuk melatih teknik mereka sebelum meluncur ke orbit tanpa beban. Dalam pelatihan ini, ada dua toilet pesawat luar angkasa di ruang pelatihan, yaitu positional trainer (PT) dan functional trainer (FT). Apakah perbedaan dari kedua toilet ini ? Berikut penjelasannya.

PT merupakan replika dari toilet luar angkasa. Bukaan pada dudukan toilet ini hanya selebar empat inci (0.1 meter), bandingkan dengan standar bukaan toilet di bumi yaitu 12-18 inci (0.3-0.5 meter). Di bawah dudukan PT terdapat kamera. Jadi bila seorang astronot mendudukinya maka mereka dapat memastikan tubuh mereka berada pada posisi yang tepat sehingga ‘limbah padat’ akan jatuh melalui bukaan kecil dudukan itu. "Penyelarasan penting," kata pelatih NASA Scott Weinstein saat menjelaskannya dalam siaran TV NASA. "Jika mereka tak yakin memiliki kesejajaran baik," katanya, maka itulah pentingnya kamera itu.

Lalu apakah FT itu? FT digunakan ketika penerbang luar angkasa sudah menguasai kesejajaran yang tepat. Toilet ini merupakan toilet asli dan dilengkapi dengan ventilasi udara yang sama yang digunakan pada pesawat ruang angkasa. Saat menggunakan FT, astronot benar-benar belajar cara membuang urin dan limbah padat mereka.

Itulah yang terjadi jika kita berada di luar angkasa, dimana sekeliling kita berbeda sekali tekanan udaranya, lingkungan, pemandangannya, semuanya. Sekelumit tentang astronot ini kiranya dapat membuat kita mengerti bahwa dalam hidup kita selalu ada hal-hal baru yang perlu kita pelajari, jadi tidak ada gunanya menyombongkan diri.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami