Sayuran Penjaga Tubuh di Musim Hujan

Solusi Sehat / 3 January 2013

Kalangan Sendiri

Sayuran Penjaga Tubuh di Musim Hujan

daniel.tanamal Official Writer
4582

Pergantian cuaca kerap kali membuat kondisi badan melemah karena keadaan kita tidak fit. Namun anda tidak perlu ragu, jika menginginkan kondisi tubuh tetap fit, konsumsilah beberapa sayuran bergizi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi dibawah ini.

1. Sawi

Sawi adalah sayuran yang rendah akan kalori dan menyediakan sumber yang sangat baik dari vitamin B1, B2, B6, C, E, dan K, asam folat, kalsium, karoten, mangan, tembaga, magnesium, protein, potasium, dan zat besi. Sawi kaya akan serat sehingga sangat baik untuk penyakit jantung, kesehatan tulang, membantu kelancaran buang air besar, sehingga mampu mencegah dan meringankan wasir dan sembelit.

2. Lobak putih

Lobak putih dikemas dengan kandungan natrium, protein, vitamin C dan B-9, fosfor kalium, dan kalsium, serta magnesium. Rendah kalori dan hampir tidak mengandung kolesterol. Ini membantu dalam menjaga fungsi otot, saraf dan aliran darah dan menjaga tulang dan gigi yang kuat. Selain sumber yang baik dari vitamin C, lobak putih juga membantu dalam menjaga kulit, pembuluh darah dan ligamen yang baik. Ini juga membantu mencegah gejala seperti flu, kanker dan penyakit jantung koroner.

3. Fenugreek

Fenugreek dianggap sebagai obat herbal yang ampuh untuk meningkatkan libido dan kejantanan pria. Ini mengandung protein, potassium, Vitamin A, B, B3, C, dan E, dan phytoestrogen. Ini membantu dalam mengobati pasien dengan diabetes dan penyakit jantung karena mengurangi kadar gula darah dan kolesterol. Hal ini juga digunakan untuk mengobati asma, bronkitis, radang sendi, masalah kulit, sakit tenggorokan dan radang pencernaan.

4. Wortel

Wortel mengandung jumlah yang banyak dari vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, B, B2, B3, C, D, E, G, dan K, kalsium, besi dan fosfor. Membantu meningkatkan penglihatan dan mencegah kebutaan malam hari karena mengandung karoten yang mencegah dan melawan kanker, diabetes dan penyakit jantung.

5. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan sumber yang baik dari vitamin C, folates, pitosterol dan anti-oksidan. Kacang hijau disarankan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet, karena rendah akan kalori dan tinggi serat.

6. Brokoli

Penelitian telah menemukan bahwa brokoli dapat membantu dalam mencegah kanker. Ini mengandung senyawa yang disebut glucoraphanin yang diolah menjadi senyawa anti-kanker sulforaphane di dalam tubuh. Brokoli juga kaya akan indole-3-carbinol yang membantu dalam memperbaiki kerusakan sel dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker.

 


Sumber : duniafitnes.com
Halaman :
1

Ikuti Kami