Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2220


Hal yang paling menyebalkan saat mengikuti ibadah Minggu di gereja adalah waktu duduk di samping seseorang yang menyebalkan, berisik, suka utak-atik HP daripada mendengar khotbah dan yang suka mondar-mandir nggak jelas. Saat bertemu orang-orang ini, kita pasti mulai berpikir, “Ini orang beneran nggak sih gereja? Serius nggak sih pengen belajar firman Tuhan? Ini orang Kristen apa bukan ya?” Mungkin pikiran tersebut terlalu jahat, tapi itulah realitanya. Kita mengalaminya bukan?

Tentu saja tak semua jemaat seperti itu, tapi ada tipe-tipe tertentu yang seenggaknya kita harap nggak duduk di samping kita saat ibadah Minggu. Nah, diantara tipe orang yang disebutkan di atas, ada 8 tipe orang demikian yang bisa kita temui diantaranya:

1. Tipe yang jorok

Tipe yang satu ini bisa termasuk orang yang penampilannya yang urakan, bau, sedang sakit (flu, batuk dan pilek). Bukan apa, tentu saja kita akan merasa risih dengan seseorang yang demikian saat duduk di samping kita. Seperti hal, seseorang yang sedang flu atau pilek. Biasanya kita pasti takut terjangkiti dengan virus yang dibawanya bukan? Apalagi kalau waktu dia bersin, nggak punya tius dan alhasil terciprat ke arah kita. Duh, menjijikkan!

Tapi nggak usah khawatir. Saat kamu memang nggak beruntung karena bertemu dengan tipe orang seperti ini, kamu cuma perlu mempersiapkan dirimu dengan perlengkapan pembersih, baik tisu basah atau pembersih tangan (hand sanitizer).

2. Tipe teman yang suka SMS-an

Meskipun sedang dalam kondisi ibadah yang sangat khusyuk, kamu tetap tidak akan bisa konsentrasi karena duduk di samping teman yang suka ngobrol via SMS. Nah, supaya bisa terhindar dari teman seperti ini kamu hanya perlu duduk menjauh dari dia. Ambil posisi duduk yang agak jauhan. Jangan tunjukkan kalau kamu sedang fokus memeriksa HP. Sebaliknya fokuskan diri ke mimbar mendengar khotbah atau berdoa dengan khusyuk.

3. Tipe penyanyi opera

Duduk di samping jemaat yang memiliki suara seperti penyanyi opera hanya akan menganggu konsentrasi kita. Saat dia bernyanyi, kita merasakan getaran yang begitu hebat menerpa di sekitar kita, ibarat seperti runtuhnya tembok Yerikho.

Jadi posisi yang paling aman supaya kamu bisa menikmati ibadah adalah mengambil posisi duduk di belakangnya saja. Hindari duduk di bagian depannya, karena suaranya pasti akan mengarah ke depan.

4. Tipe ibu-ibu makcomblang

Ke gereja sendirian, muda, cantik dan terlihat masih belum mengenakan cincin. Ini adalah tipe gadis yang akan didekati oleh ibu-ibu yang punya anak yang belum menikah. Saat kamu terjebak duduk di sekitar ibu tipe ini, yakinlah ibadah pasti tak lagi menjadi suasana yang khidmat. Karena sang ibu pasti hanya akan terus bercerita soal anaknya dan usahanya untuk menjodohkanmu.

Untuk menghindari tipe ibu makcomblang ini, kamu cuma perlu mengatur waktu kehadiranmu di gereja. Pastikan kalau dia sudah lebih dulu datang, supaya kamu bisa memilih tempat duduk yang berjauhan dengan dia.

5. Tipe penggosip

Para tipe penggosip ini adalah mereka yang suka sekali berkomentar tentang semua hal. Boro-boro menghargai kekhusyukan sepanjang ibadah, mereka bahkan dengan berani bergosip dengan suara keras. Biasanya mereka akan terus bergosip sepanjang khotbah. Suara mereka yang lebih keras dari pengkhotbah tentu saja akan sangat mengganggu konsentrasi bukan?

Saat kamu memang sedang diperhadapkan dengan teman sebangku seperti ini, yang perlu kamu lakukan adalah sebisa mungkin tetap fokus kepada khotbah dan mengabaikan obrolan mereka.

6. Tipe pemakai parfum menyengat

Aroma yang terlalu menyengat akan sangat menganggu penciuman. Apalagi kalau hal itu berlangsung selama ibadah Minggu. Duh, bisa-bisa kita bakal diserang mual, pusing dan nggak nyaman.

Saat kamu sudah mengenal tipe orang ini, ada baiknya mulai mengambil posisi duduk yang berjauhan dari dia. Atau kalau kondisi memang mengharuskanmu duduk berdekatan dengan dia, ada baiknya sesekali pamit keluar untuk menghirup udara segar.

7. Tipe relawan

Duduk disamping seorang volunteer atau relawan yang ditunjuk untuk mendampingimu adalah sesuatu yang sangat risih dan menganggu suasana ibadah. Kalau kamu memang selalu diintai oleh relawan gereja tersebut, sesegera mungkin carilah cara untuk menghindar. Misalnya dengan duduk diantara orang-orang ramai. Atau paling dekat dengan pintu keluar, supaya dia nggak punya kesempatan untuk menangkapmu.

8. Tipe pengemil

Untuk menghilangkan rasa ngantuk, mungkin banyak jemaat gereja yang mulai mengunyah permen. Tapi masalahnya, ada saja jemaat gereja yang dengan santai justru makan cemilan saat ibadah. Bahkan mereka nggak peduli dengan suara kriuk kriuk yang dihasilkan saat mereka sedang mengunyah dan sangat menganggu konsentrasi banyak orang.

Jadi, untuk lepas dari jerat si tipe pengemil ini kamu hanya perlu menjauhkan diri dari mereka. Bukan hanya menghasilkan suara-suara yang menganggu konsentrasimu, tapi cemilan yang mereka makan pasti akan menarik perhatianmu juga. Akibatnya, kamu nggak lagi bisa fokus mendengarkan khotbah atau berdoa dengan khusyuk.

Jadi kalau kamu masih bertemu dengan tipe-tipe jemaat seperti di atas saat ibadah Minggu, kamu pasti sudah bisa mengatasinya bukan? Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan berdoa terlebih dahulu sebelum ke gereja, minta supaya ibadah Minggu itu benar-benar bisa kamu nikmati dan tak diganggu oleh orang-orang yang tak menyenangkan itu. Jangan sampai karena orang-orang ini ibadahmu justru terganggu ya! 

Sumber : Crosswalk.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Muzammil Wh Wh 24 September 2017 - 21:42:02

Mengapa nilai nilai pancasila harus terimplementas.. more..

0 Answer

Muzammil Wh Wh 24 September 2017 - 21:38:45

Jelaskan secara singkat kekuasaan moneter

0 Answer

Muzammil Wh Wh 24 September 2017 - 21:36:34

Jelaskan secara singkat kekuasaan moneter

0 Answer


Baginda Bonifasius Hasibuan 23 September 2017 - 02:11:59
Saya mohon kpd saudara² seiman di dalam Tuhan Yes... more..

Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

Banner Mitra Week 4


7305

advertise with us