Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
6688


Kalau kita ingin kuat dan dewasa secara rohani, kebiasaan terbaik yang harus dikembangkan adalah menghafal ayat Alkitab. Firman Tuhan dalam Yakobus 1: 25 menyampaikan bahwa membaca Alkitab adalah satu dari empat kebiasaan yang bisa mendatangkan berkat bagi kehidupan.

“Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.” (Yakobus 1: 25)

Lewat ayat ini kita diajarkan empat poin penting soal pentingnya mengetahui isi Alkitab yaitu:

1. Bacalah Alkitab: “bagi yang ingin meneliti hukum yang sempurna..”

2. Telaah Alkitab: “..secara terus menerus..”

3. Hafalkan Alkitab : “..jangan melupakan yang sudah kamu dengar…”

4. Responi Alkitab:  “..tapi juga melakukannya..”

Setiap orang Kristen tentu tak ingin selamanya menjadi bayi rohani bukan? Ada masanya kita harus bertumbuh lebih dewasa dan juga bisa mengalami kehidupan yang diberkati Tuhan. Menghafalkan firman Tuhan dan merenungkannya di dalam hati juga merupakan cara penting untuk memulai kebiasaan memperkaya diri dengan firman Tuhan.

Kita memang nggak punya kapasitas untuk menghafalkan semua ayat di dalam Alkitab. Tapi setidaknya ingatlah ayat-ayat yang penting bagi diri kita sendiri. Seperti kita mungkin menghafal mati nomor telepon dan tanggal-tanggal yang berkesan buat kita.

Mungkin kamu pernah mendengar ada orang yang bilang kalau mereka tidak bisa menghafal apapun, tetapi mereka bisa mengingat kutipan lirik-lirik lagu mulai dari tahun 1960-an dan mencatat nama-nama pemain olahraga favorit mereka.

Padahal menghafal ternyata bisa jadi keterampilan pribadi seseorang dan hal ini juga bisa memperkuat otot-otot loh. Apalagi kalau kita menghafal ayat Alkitab, manfaatnya akan sangat baik juga untuk memperkuat memori otak kita. Penelitian juga tentunya sudah membuktikan hal ini!

Apa alasan lain kenapa menghafal ayat Alkitab itu penting?

Alasan terpenting mengapa kita harus tahu isi Alkitab adalah bahwa penting sekali bagi kita orang percaya untuk selalu hidup diperlengkapi dengan firman Tuhan. Firman ini akan berguna untuk menolong kita menghadapi godaan, sebab kita adalah Alkitab terbuka. Atau saat kita menyaksikan seseorang yang tidak mengenal Yesus, berada di bawah stress, kebutuhan akan kenyamanan, atau dalam krisis, biasanya tidak ada Alkitab di sekitar kita. Karena itu kita bisa menolong orang tersebut sesegera mungkin dengan firman yang sudah kita hafal dan ketahui di dalam hati kita. Kita perlu firman Tuhan melekat dalam pikiran sehingga kita bisa memakainya di waktu yang tepat ketika kita membutuhkannya.

Kita bisa merenungkan firman dimana saja. Tapi kita tidak bisa mengubah firman Tuhan kecuali mengingatnya. Saat kita sudah hafal ayat di Alkitab, kita bisa kembali merenungkannya misal saat hendak beranjak tidur di malam hari atau saat berkendaraan ke suatu tempat. Kita bisa merenungkan isi Alkitab karena kita sudah menghafalnya. Itulah yang disebut bermeditasi. Satu-satunya janji kemakmuran dan kesuksesan adalah bahwa Allah memberitahu kita melalui firman bahwa merenungkan firman-Nya adalah kunci memperoleh kehidupan yang diberkati (Yosua 1: 8).

Jadi mulailah menghafal ayat Alkitab hari ini. Pilihlah ayat untuk satu minggu penuh. Bayangkan kalau kita rutin melakukan kebiasaan ini, dalam setahun kita bisa menghafal 52 ayat. Dan dalam dua tahun, kita bisa menghafal lebih dari 100 ayat Alkitab.

Sumber : Rick Warren

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Muzammil Wh Wh 24 September 2017 - 21:42:02

Mengapa nilai nilai pancasila harus terimplementas.. more..

0 Answer

Muzammil Wh Wh 24 September 2017 - 21:38:45

Jelaskan secara singkat kekuasaan moneter

0 Answer

Muzammil Wh Wh 24 September 2017 - 21:36:34

Jelaskan secara singkat kekuasaan moneter

0 Answer


Baginda Bonifasius Hasibuan 23 September 2017 - 02:11:59
Saya mohon kpd saudara² seiman di dalam Tuhan Yes... more..

Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

Banner Mitra Week 4


7305

advertise with us