Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Budhi Marpaung

Official Writer
1731


Dibandingkan zaman pada 20-30 tahun lalu, masyarakat khususnya yang di perkotaan sudah melek dengan yang namanya tabungan. Mulai dari yang berkaitan dengan kesehatan sampai dengan kematian, semuanya ada.

Namun yang mau saya bahas sekarang di sini adalah tentang tabungan pendidikan. Mengapa? Karena pendidikan merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki oleh setiap manusia ketika menjalani kehidupan di dunia ini. Menariknya, Alkitab juga menunjukkan betapa berharganya hal ini.

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” (Amsal 22:6)

“Karena perlindungan hikmat adalah seperti perlindungan uang. Dan beruntunglah yang mengetahui bahwa hikmat memelihara hidup pemilik-pemiliknya.” (Pengkhotbah 7:12)

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan formal saat ini memerlukan sejumlah biaya. Walau pemerintahan Indonesia telah mengeluarkan kebijakan untuk membiayai pendidikan kepada anak-anak yang membutuhkan bukan berarti kita – selaku orangtua – maupun anak tidak perlu merencanakan keuangan untuk sekolah maupun seputar hal itu di masa mendatang.

Alkitab bahkan mengingatkan kita untuk melakukan perencanaan untuk setiap hal di dalam kehidupan kita.

Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur - 1 Korintus 14:40

Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak – Amsal 24:6

Kalau seorang dari kalian mau membangun sebuah menara, tentu ia akan duduk menghitung dahulu biayanya supaya ia tahu apakah uangnya cukup untuk menyelesaikan menara itu atau tidak. Sebab kalau ternyata ia tak dapat menyelesaikannya, padahal pondasinya sudah dibuat, maka semua orang yang melihat pekerjaan itu akan menertawakannya. Mereka akan berkata, 'Iih, orang ini membangun, tetapi tidak dapat menyelesaikannya!' - Lukas 14:28-30 (BIS)

Menabung adalah salah satu bentuk aplikatif dari perencanaan yang bisa kita lakukan. Meski jangka waktu tergolong lama, tetapi kita akan mendapatkan keuntungan pada saat itu dibutuhkan / hendak dikeluarkan.

Jangan terlalu berfokus kepada lamanya menabung. Berkomitmenlah per bulan untuk melakukannya. Percayalah Tuhan melihat usahamu. Tetap andalkan Tuhan karena biar bagaimana pun, Ia yang paling layak diandalkan di dalam kehidupan kita, bukan apapun juga.

“Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu." – Yakobus 4:15

Sumber : Jawaban.Com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Stefanus Sapta 16 January 2018 - 14:05:40

pengaruh negatif sosial media terhadap hubungan su.. more..

1 Answer

Bennett 15 January 2018 - 18:41:53

Hitunglah energi potensial benda 10kg pada ketingg.. more..

0 Answer

Yasin al farisi 15 January 2018 - 17:20:39

Dua buah gaya dikatakan seimbang bila

0 Answer


Eliseo hizkia 9 January 2018 - 20:09:12
Saya Pribadi sudah merasa begitu lelah menghadapi ... more..

Desy Natalia Putri Lumbanbatu 6 January 2018 - 23:09:26
Sebenarnya saya sudah diujung keputusasaan.. Buka... more..

Agus Hermawan 5 January 2018 - 11:47:42
Saya sudah jenuh menjalani hidup yg begini terus, ... more..

susy christina 30 December 2017 - 16:14:31
Saya LDR bertahun tahun dengan suami, kami sudah p... more..

Banner Mitra Week 2


7358

advertise with us