Share this article :

Tersedak Tulang Ikan? Berikan Pertolongan Pertama Dengan Cara Ini…

 Tue February 14th, 2017
 707

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Tersedak Tulang Ikan? Berikan Pertolongan Pertama Dengan Cara Ini… Sumber : www.doctorshealthpress.com

Banyak orang yang tentu suka ikan bukan? Selain gurih dan bernilai gizi tinggi, ikan juga sangat sehat bagi otak. Tapi satu-satunya masalah saat mengkonsumsi ikan adalah sisa tulang yang tertinggal di bagian daging, yang kalau tertelan maka akan menyebabkan kondisi tersedak.  Apakah kondisi ini berbahaya? Tergantung.

Kadang-kadang saat kamu meminum air atau makan sesuatu yang lain, tulang yang tertinggal di bagian tenggorokan bisa terlepas. Tapi kalau usaha itu bahkan tak berhasil juga, kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan beberapa cara ini:

1. Dorong bagian perut ke atas

Saat mengalami tersedak tulang ikan, hal pertama kali yang perlu kamu lakukan adalah tidak panik. Cobalah meminta orang di sekitarmu untuk mendorong bagian perutmu. Tindakan ini berguna untuk mengurangi perasaan tersedak karena tulang ikan yang terjepit di bagian tenggorokan. Hal ini juga berguna untuk memblok makanan di saluran pernapasan.

2. Pukul-pukul bagian punggung belakang

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membantu meredakan nyeri tersedak adalah dengan memukul-mukul punggung bagian belakang. Hal ini bermanfaat untuk melepaskan tulang ikan yang terjepit.

3. Minum banyak air

Saat tulang terjepit di tenggorokan, akan lebih baik jika berhenti makan apapun. Cobalah meminum air, tapi tidak makan apapun supaya tulang yang tertinggal di tenggorokan terdorong ke dalam.

4. Makan beberapa makanan ini

Selain tiga cara di atas, kamu juga bisa meredakan nyeri stersedak tulang ikan dengan ramuan rumahan ini, diantaranya:

1. Telan segumpal nasi tanpa mengunyahnya. Dorong dengan menggunakan air.

2. Ambil potongan pisang. Jangan terlalu besar. Lalu telan tanpa menguyah setelah spisang basah dengan air liur salaam dua menit. Dorongan dari pisang ini bisa melepaskan tulang ikan dari tenggorokan.

3. Ambil dua sendok the kacang tanah. Makan dan kunyah selama satu menit. Setelah itu telan dengan cepat.

4. Ambil sepotong roti cokelat lalu oleskan mentega dan selai kacang di atasnya. Gigit roti dan biarkan selama 2 menit di dalam mulut. Setelah itu, telan tanpa mengunyahnya. Lalu teguk air minum untuk mendorong roti membawa tulang ikan yang terjepit di antara tenggorokan.

Apa yang terjadi kalau tulang ikan masuk ke dalam pencernaan?

Bagi sebagian besar kasus, tulang ikan yang sudah masuk ke lambung akan dicerna dan diekskresi (dihancurkan, red). Sementara kasus lainnya ditemukan kalau sisa tulang ikan yang masuk akan tetap tinggal di usus, tapi setelah beberapa hari, tulang ini akan diekskresi.

Sementara jika sisa tulang ikan ini tidak mampu dicerna di dalam usus, sisa tulang akan menimbulkan rasa sakit saat akan BAB. Tapi jika beberapa cara di atas masih belum berhasil juga, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Jangan biarkan sisa tulang tertinggal karena hal itu hanya akan menyebabkan risiko yang lebih parah seperti infeksi di tenggorokan. Jika kondisinya lebih parah, maka tindakan operasi akan sangat diperlukan.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Yovita Anum Prihantari 19 April 2017 - 11:27:34
Kami berdoa untuk kesembuhan anak kami, Patrick 10... more..

aditya 13 April 2017 - 08:23:57
usaha saya pailit, utang banyak , tiap hari dimak... more..

William Gosal 10 April 2017 - 00:08:11
Mohon doakan supaya saya dapat memaafkan diriku at... more..

LAURENTIUS 6 April 2017 - 10:56:29
Mohon dukungan doa untuk mendapat pekerjaan..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Memilih Pasangan yang Terbaik
Memilih Pasangan yang Terbaik
Memilih pasangan hidup bukanlah hal yang mudah tapi harus dilakukan. Ada banyak pertimbangan yang ha...