Topic :
Tahun Baru
Share this article :

3 Cara Jitu Ajarkan Anak Bersyukur di Tahun Baru

 Mon January 2nd, 2017
 251

Artikel ini ditulis oleh :

budhianto marpaung

Official Writer
 

3 Cara Jitu Ajarkan Anak Bersyukur di Tahun Baru Sumber : Jawaban.com

Sebagai orangtua Kristen, tentu ada sebuah kerinduan di dalam hati agar anak-anak mengikuti apa yang kita lakukan sekarang di masa depan mereka. Hal ini bukanlah sebuah perkara yang mudah karena mereka belum tentu tertarik dengan apa yang kita lakukan. Namun, mari jadikan ini sebagai sebuah tantangan yang mengasyikkan.

Satu pelajaran penting yang perlu diajaran kepada buah hati adalah tentang bersyukur di tahun baru. Mengapa ini harus dilakukan? Karena anak-anak bakal memahami apa yang harus menjadi prioritas di dalam kehidupan mereka dan bagaimana mereka seharusnya menjalani kehidupan.

Tiga cara untuk bersyukur berikut adalah cara-cara sederhana yang mudah dipraktikkan dengan anak-anak.

1. Jadikan ibadah keluarga di malam tahun baru sebagai tradisi tahun baru.

Latihlah sejak dini, anak-anak berada di dalam suasana ibadah keluarga setiap pergantian tahun. Jika sang anak masih berusia di bawah 6 tahun, lakukan ini selama 5 menit. Tambahkanlah lamanya ibadah keluarga,   maksimal 30 menit, seiring pertambahan usia ideal mereka.

Ungkapkan dengan jelas dan sesuai usia mengapa Anda sebagai satu keluarga perlu bersyukur kepada Tuhan setiap malam tahun baru.

2 Pergi ke Gereja Saat Tahun Baru

Anak-anak biasanya akan berada di tempat dimana mereka bisa menemukan orang-orang seusia mereka. Gereja adalah salah satu tempat dimana cukup banyak anak kecil.

Pergilah ke gereja saat tahun baru. Tidak ada salahnya, salah satu dari Anda dan pasangan yang pergi ke ibadah sekolah minggu. Ikutlah berinteraksi. Tunjukkan antusiasme di saat berada di dalam komunitas anak-anak sekolah minggu. Jangan panik ketika anak atau anak-anak Anda menangis karena berjalan waktu dan mereka nyaman dengan sekitar, mereka justru akan merasakan kesenangan berada bersama teman-teman seusia di gereja,

3. Jika Ada Kesempatan atau Memiliki Berkat Finansial yang Lebih,   Lakukan Kegiatan Aksi Sosial dengan anak-anak yang kurang mampu.

Selain dengan berdoa dan membaca firman Tuhan, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengajarkan bersyukur kepada Tuhan adalah lewat berbagi dengan orang lain. Apabila Anda memperoleh pendapatan yang lebih, jangan ragu untuk melakukan kegiatan aksi sosial dengan anak-anak kurang mampu.

Jelaskan kepada anak mengapa Anda sebagai keluarga melakukannya. Ungkapkan dengan jelas bahwa hal tersebut merupakan wujud ucapan syukur kepada Allah yang begitu baik kepada kepada keluarga selama setahun. Banyak pertanyaan yang pasti diajukan terkait aksi sosial yang Anda sekeluarga lakukan, tetapi jawablah anak-anak Anda itu dengan kasih.

Demikianlah 3 (tiga) cara untuk mengajarkan anak-anak untuk bersyukur kepada Tuhan di tahun baru. Selamat mempraktikkan, Tuhan Yesus memberkati! 

Sumber : Jawaban.Com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Cinta Tuhan 19 January 2017 - 20:03:46
Ibu saya mempunyai pembantu bernama mbak Y. Mbak Y... more..

Rosa Yohana 19 January 2017 - 10:51:33
saya rindu di tahun ini bisa terlepas dari beban &... more..

Deasy Nathalie 18 January 2017 - 23:37:09
mohon banntuan doanya agar dimudahkan dalam mencar... more..

Yolafebi 15 January 2017 - 21:51:51
Saya mohon tolong doakan saya, Minggu lalu saya di... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Harta Yang Paling Indah: Keluarga?
Harta Yang Paling Indah: Keluarga?
Apa yang paling berharga dalam kehidupan Anda? Harta, jabatan, atau justru warisan peninggalan? Tida...