Share this article :

9 Pekerjaan Ini Ternyata Rentan Sebabkan Kanker Loh!

 Tue November 29th, 2016
 600

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

9 Pekerjaan Ini Ternyata Rentan Sebabkan Kanker Loh! Sumber : www.bleuablowdrybar.com

Kanker adalah penyakit mematikan yang bisa diderita oleh siapapun, tanpa kenal latar belakang. Begitu pula dengan sebagian diantara kita yang juga aktif bekerja. Menurut sebuah artikel yang dilansir dari Boldsky.com, pekerjaan tertentu ternyata bisa menyebabkan risiko penyakit kanker loh!

Jika Anda berpikir bahwa bekerja dengan seragam kantoran akan menjauhkan Anda dari penyakit mematikan ini, Anda keliru! Duduk di suatu tempat selama berjam-jam dan minim sekali melakukan aktivitas fisik ternyata sangat berbahay bagi kesehatan loh!

Seperti diuraikan, terdapat 9 jenis pekerjaan yang begitu rentan dengan risiko kanker yaitu:

1. Pekerjaan dengan sistem Shift

Penelitian mengungkapkan bahwa bekerja shift malam bisa menjadi pemicu timbulnya kanker payudara bagi kaum wanita dan kanker paru-paru bagi kaum pria. Risiko ini terjadi karena ritme sirkadian dalam tubuh terganggu. Jadi, pastikan untuk tetap mengatur jam istirahat yang cukup jika Anda terpaksa harus bekerja shift malam ya!

2. Pekerja Kantoran

Studi menemukan bahwa mereka yang bekerja di depan meja dan komputer sepanjang hari tanpa melakukan aktivitas fisik sangat rentan mengalami penyakit kanker usus, endometrium, kanker payudara dan paru-paru.

3. Pilot dan Awak Pesawat

Sejumlah ilmuwan mengkalim bahwa pilot dan awak pesawat rentan sekali akan menghadapi overesposure terhadap paparan sinar UV (ultraviolet) dan radiasi kosmik. Berada di atas ketinggian dalam jangka waktu yang lama berdampak buruk bagi kesehatan, khususnya menyebabkan risiko penyakit kanker.

4. Supir

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker membuktikan bahwa minyak diesel menghasilkan asap knalpot yang bersifat karsinogenik. Saat asap kendaraan disemprotkan, kemungkinan indra penciuman supir akan menghirupnya selama berjam-jam. Hal inilah yang menyebabkan para supir rentan terkena kanker paru-paru.

5. Karyawan Pabrik Logam

Para karyawan yang bekerja di sebuah pabrik pengolahan logam memiliki risiko yang lebih besar mengalami penyakit ginjal dan kanker laring. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian bahwa wanita yang berprofesi di bidang ini 75% lebih besar terserang kanker payudara.

6. Pekerja Tambang

Kontak secara langsung dengan benda-benda logam beracun dan ancaman kematian yang besar menjadi risiko yang harus diterima oleh pekerja tambang. Di antara berbagai jenis pekerjaan, pekerja tambang menjadi pekerjaan yang memiliki risiko lebih tinggi tertular penyakit kanker perut, otak dan tiroid yang mematikan.

7. Pekerja Pengolahan Plastik

Para pekerja di industri plastik rentan sekali terserang penyakit liver, ginjal dan kanker laring. Hal ini terjadi karena banyak menghirup debu kayu dan zat-zat beracun lain yang dihasilkan dari pengolahan plastik.

8. Penata Rambut

Tentu saja agak sedikit mengejutkan, mengapa penata rambut bisa rentan terserang kanker? Alasannya adalah profesi ini rentan sekali terpapar dengan bahan-bahan kimia yang dihasilkan saat proses pewarnaan rambut. Zat-zat berbahaya yang kerap mereka hirup bisa menyebabkan gangguan pada kandung kemih, laring dan paru-paru.

9. Pekerja Bangunan

Tahukah Anda bahwa kanker kulit adalah penyakit yang paling rentan dialami para pekerjaan bangunan. Selain kanker kulit, pekerja bangunan juga rentan terjangkit kanker paru-paru juga loh! Hal ini disebabkan oleh debu dan asbes yang beterbangan di udara dan sisa-sisa bahan yang mereka gunakan.

Terlepas dari profesi di atas, pekerjaan lain yang juga rentan dengan kanker adalah pekerja pabrik, industri, pengolahan karet, pekerja daur ulang, petani, mekanik, dan bahkan pekerja kecantikan.

Meski begitu, patut dipahami bahwa kita bisa mencegah risiko kanker dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga memakai alat pengaman saat bekerja, misalnya memakai masker bagi pekerja yang terpapar zat-zat berbahaya atau mengatur waktu istirahat bagi pekerja shift malam. 

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Deasy Suliestyorini 7 December 2016 - 17:48:29
Mohon bantuan doa untuk pekerjaan yg sdh lama saya... more..

Melpa Sinaga 29 November 2016 - 16:57:17
Shalom, saya melpa sinaga. saya baru tamat sekolah... more..

Naftalita Calista Putri 28 November 2016 - 19:33:37
Syalom , saya naftalita .. saya adalah seorang mah... more..

joshua 28 November 2016 - 09:49:48
Saya joshua..saya telah menikah selama 2 tahun. Na... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Saat Maria Bertemu Dengan Gabriel
Saat Maria Bertemu Dengan Gabriel
Inilah pertanyaan Maria ketika malaikat Gabriel datang kepadanya memberitakan kelahiran Yesus. Jawab...