Share this article :

Desmond Doss, Prajurit Perang Amerika yang Hanya Bersenjatakan Doa

 Tue November 15th, 2016
 2550

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Desmond Doss, Prajurit Perang Amerika yang Hanya Bersenjatakan Doa Sumber : Vox.com

Saat Perang Dunia II bergulir, Desmond Thomas Doss menjadi salah satu pahlawan Amerika yang berhasil menyelamatkan 75 prajurit perang lainnya meski tanpa senjata. Kisah kepahlawanan Doss pun akhirnya didokumentasikan dalam sebuah film yang digarap Mel Gibson berjudul ‘Hacksaw Ridge’.

Sebagai seorang prajurit perang, Doss terbilang unik dan aneh. Dia sama sekali tak pernah menembakkan pistol meski berada di tengah perang yang berkecamuk. Hal ini dia lakukan sebagai seorang Kristen yang taat dengan aturan agama yang melarang penggunaan senjata.

Awalnya Doss mendaftarkan diri menjadi anggota Angkatan Darat AS karena timbul rasa kewajiban melayani. Meski begitu siapa yang sangka prajurit tanpa senjata ini justru menjadi pahlawan saat medan pertempuran Amerika melawan Jepang tengah bergelora penuh dengan cucuran darah.

Seperti disampaikan oleh Terry Benedict yang mengenal Doss, mengatakan bahwa Doss adalah sosok yang rendah hati dan bersahaja, namun dia penuh cinta. Berkat jasanya di medan perang, Doss bahkan menerima penghargaan paling bernilai dari pemerintah yaitu Medal of Honor (Medali Kehormatan).

Pengabdian Doss sebagai ahli medis bagi rekan-rekannya di medan perang begitu bernilai. Dalam pertempuran yang terjadi di Okinawa itu, Doss berhasil menyelamatkan 75 jiwa yang terluka. Dengan menuruni tebing setinggi 100 kaki, tanpa senjata dan bantuan. Dia melakukannya seorang diri!

Sementara rekan-rekannya diserang dengan bidikan peluru dari pihak musuh, tanpa rasa takut Doss terus berlari untuk menggotong rekan-rekannya yang terluka dengan tandu, menyuntikkan morfin dan memberi dorongan semangat kepada rekan-rekannya saat itu.

Bukan kepalang, Doss hanya mengandalkan doa kepada Tuhan agar senantiasa menolongnya bisa menyelamatkan rekan-rekan yang terluka di wilayah musuh. Bahkan ketika masa Perang Dunia II sudah dinyatakan berakhir, Doss tetap mencari korban yang selamat, tangan yang mengucurkan darah dan tubuh yang begitu lelah tidak menghentikan dirinya untuk terus mencari prajurit lain yang terluka secara fisik.

“Dia mengatakan kepada saya, rasanya seperti sedang mengalami gangguan saraf. Dia benar-benar kelelahan. Dia tidak punya gas yang tersisa di dalam tangki. Dia hanya menggantungkan hidupnya dalam iman dan kepercayaan bahwa Tuhan akan menolongnya melewati masa-masa itu. Itulah bagian paling menginspirasi dari kisahnya,” ucap Benedict.

Percaya atau tidak Desmond Doss  benar-benar hanya mengambil pilihan untuk bergantung penuh kepada Tuhan dan menjalani kehidupannya untuk melayani orang lain. Itu adalah prinsip hidup seorang prajurit pemberani seperti Doss.

Kisah keberanian inilah yang membuat Benedict bahkan Mel Gibson tertarik memproduksi kisah perjuangan hidup Doss dalam bentuk film. “Desmond adalah pahlawan. Anda bisa menilai bahwa dia adalah pahlawan. Tuhan memampukan dia dengan cara-cara yang tidak bisa kita pahami. Secara fisik hal itu tidak mungkin bisa dilakukan tanpa sesuatu yang bersifat keajaiban,” ungkap Benedict.

Dia berharap film tentang kisah hidupnya ini bisa memberi dampak bagi banyak orang. “(Desmond) adalah seorang yang sangat konsisten dengan imannya. Dia adalah batu karang. Dia adalah pribadi yang sama bahkan saat di medan perang dan tetap sama sampai saat dia meninggal. Bagi saya membuat kisah hidupnya adalah sesuatu yang sangat layak untuk disampaikan,” lanjutnya.

Benedict mengaku puas dengan semua kisah yang diceritakan Doss kepadanya melalui wawancara yang dia lakukan selama 3.5 tahun. Sayangnya, Doss tak sempat menyaksikan film Hacksaw Ridge tersebut tayang. Pada tahun 2006 silam, Desmond Doss meninggal di usia 87 tahun.

Sumber : Guideposts.org/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Deasy Suliestyorini 7 December 2016 - 17:48:29
Mohon bantuan doa untuk pekerjaan yg sdh lama saya... more..

Melpa Sinaga 29 November 2016 - 16:57:17
Shalom, saya melpa sinaga. saya baru tamat sekolah... more..

Naftalita Calista Putri 28 November 2016 - 19:33:37
Syalom , saya naftalita .. saya adalah seorang mah... more..

joshua 28 November 2016 - 09:49:48
Saya joshua..saya telah menikah selama 2 tahun. Na... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Bagaimana Mengenali Pekerjaan atau Usaha yang Anda Sukai?
Bagaimana Mengenali Pekerjaan atau Usaha yang Anda Sukai?
“Shalom, saya tidak tahu apa rencana Tuhan di dalam hidup saya. Usaha apapun selalu gagal. Sekaran...