Share this article :

Melahirkan Bikin Wanita Cepat Tua, Benarkah?

 Tue November 8th, 2016
 811

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Melahirkan Bikin Wanita Cepat Tua, Benarkah? Sumber : http://www.majalahpama.my

Sebuah studi terbaru menemukan fakta menarik terkait proses melahirkan pada wanita. Seperti dikemukakan dalam hasil studi, bahwa wanita melahirkan akan mengalami penurunan lapisan sel pelindung terhadap radikal bebas atau disebut dengan lapisan telomer.

Seperti diketahui, telomer adalah enzim yang berperan penting dalam menjaga kestabilan genom tiap sel, sehingga sel dapat dipastikan mengalami pembelahan menggantikan sel-sel baru dalam tubuh. Namun seiring bertambahnya usia, sel ini terus menerus semakin memendek.

Hasil studi ini didapatkan saat melakukan uji coba kepada 1500 wanita berusia sekitar 20-44 tahun yang sudah dan belum pernah melahirkan. Dalam studi ini, peneliti mendapati bahwa ukuran lapisan telomer pada wanita yang sudah melahirkan lebih pendek dibanding dengan wanita yang belum pernah melahirkan.

Dalam satu kelahiran anak, lapisan telomer wanita bisa memendek sampai 4 persen dibanding wanita yang belum pernah melahirkan. Jadi secara biologis, dua wanita dengan usia yang sama dimana salah satunya sudah pernah melahirkan akan terlihat lebih tua dibanding wanita yang belum pernah melahirkan sama sekali. Kemungkinan penuaan yang dialami wanita melahirkan tersebut terjadi karena adanya peningkatan stres saat wanita sudah menjadi seorang ibu.

“Kemungkinan hamil, melahirkan, dan mengurus anak menginduksi stres kronis yang berujung pada telomer lebih pendek lewat jalur inflamasi,” ucap Anna Pollack, seorang peneliti dari Universitas George Manson, Amerika Serikat.

Kendati begitu, tingkat berkurangnya panjang telomer pada wanita memang berbeda-beda. Faktor umur yang berbeda pada setiap individu juga mempengaruhi panjang pendeknya telomer sel-sel tubuh pada wanita.

Terlihat lebih tua mungkin menjadi efek negatif dari melahirkan. Namun kebahagiaan dan sensasi saat menjadi seorang ibu adalah hal yang jauh lebih penting dalam hidup. 

Sumber : Detik Health

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
SUZY RATNANINGRUM 29 April 2017 - 01:20:07
Bapa di surga saya tolonglah saya pulihkan keuanga... more..

Kartilah 27 April 2017 - 15:53:46
Mohon bantuan doanya supaya saya bisa segera menda... more..

William Gosal 25 April 2017 - 15:28:00
Tolong doakan saya agar terbebas dari ikatan porno... more..

Yovita Anum Prihantari 19 April 2017 - 11:27:34
Kami berdoa untuk kesembuhan anak kami, Patrick 10... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Stres Kuliah, Pria Ini Memilih Curhat Dibanding Bunuh Diri
Stres Kuliah, Pria Ini Memilih Curhat Dibanding Bunuh Diri
Pada tahun 2014, data Kantor Statistik Nasional Inggris melaporkan 130 kasus mahasiswa (fulltime stu...