Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2120


Dari jalan-jalan padat di daerah kumuh Kibera sampai pantai Mombasa, Kenya, terlihat sesuatu yang berbeda di sana. Masjid dan gereja yang identik dengan warna khasnya dicat dengan warna kuning mencolok.

Ya, mereka menyebut aksi ini dengan Color in Faith (Mewarnai dalam Iman, red). Aksi ini dipelopori oleh seniman KKolombia-Amerika Yazmany Arboleda dan rekannya orang Kenya asli, Nabila Alibhai. Mereka mengaku melakukan aksi untuk mempersatukan umat beragaam di Kenya.

“Bagi saya, kuning adalah warna matahari dan matahari bersinar di atas semua orang. Kami mencatnya bersama-sama untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa kami sama-sama pemimpin dan Muslim akan tahu Kristen adalah saudara. Sekarang semua orang yang lewat akan tahu kami (hidup) dalam damai,” ungkap Uskup Rose Mungafu, seperti dilansir Cnn.com.

Aksi ini muncul pasca ancaman teror dari kelompok teroris Islam Al-Shabaab yang menargetkan umat Kristen di Kenya. Ancaman itu mulai membesar sejak kelompok ini melakukan aksi penyerangan di Universitas Garissa pada 2015 silam. Secara brutal, mereka menewaskan sebanyak 148 mahasiswa yang saat itu tengah beribadah.

Menyusul peristiwa tersebut, polisi mencurigai Masjid Musa di Mombasa sebagai lokasi perekrutan anggota Al-Shabaab. Sampai pada tahun 2014 silam, masjid tersebut digerebek polisi dan menangkap sekitar 130 jemaat. Sejak saat itu, Masjid Musa ditinggalkan umat Muslim karena takut peristiwa serupa terulang kembali.

Namun belakangan ini aksi kekerasan dan serangan brutal kelompok teroris tampak semakin mereda di Mombasa. Untuk memulihkan trauma dan ketakutan atas nama agama, Color of Faith akhirnya dicetuskan untuk mengakhiri perseteruan di antara Muslim dan Kristen.

“Aku ingin mengecat masjid ini untuk menunjukkan bagaimana aku merupakan bagian dari komunitas dan untuk menunjukkan pada dunia bahwa kami tak saling berbeda satu sama lain,” ucap Khalima Mohammed, seorang warga Mombasa.

Dari sejumlah rumah ibadah Muslim dan Kristen, terdapat sembilan masjid dan gereja yang telah dicat warna kuning di seluruh Kenya. Sementara 40 rumah ibadah lainnya akan segera ikut menjadi bagian dari Color of Faith. Mereka berharap aksi ini bisa menjadi gerakan perubahan yang berdampak besar untuk menghadirkan perdamaian dan kerukunan antarumat beragama di Kenya.

Sumber : Cnn.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

opo lesar makatempuge 23 September 2017 - 10:47:34

keberuntungan di tahun 2017

0 Answer

Irvan Dwitanto 23 September 2017 - 06:31:01

Jelaskan langkah-langkah membuat cerita fantasi ba.. more..

0 Answer

Prily Zusena Sebayang 22 September 2017 - 23:12:04

Bagaimana mendengar suara Tuhan

1 Answer


Baginda Bonifasius Hasibuan 23 September 2017 - 02:11:59
Saya mohon kpd saudara² seiman di dalam Tuhan Yes... more..

Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

Banner Mitra Week 4


7305

Line Jawaban