Pastikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Setelah Menikah
Sumber: youqueen.com

Marriage / 27 July 2016

Kalangan Sendiri

Pastikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Setelah Menikah

Lori Official Writer
4006

Bagi pasangan muda, memiliki rumah memang menjadi impian. Tetapi untuk memiliki rumah sendiri tidak selalu mudah dan berjalan mulus. Ada 7 hal yang harus diputuskan sebelum mempertimbangkan membeli rumah yaitu:

1. Lakukan riset sebelum membeli rumah

Sebelum membeli rumah, pastikan sudah melakukan riset properti terlebih dahulu. Pertimbangkan suku bunga KPR, jangka waktu kredit dan keuntungan yang didapatkan setelah memilih rumah tersebut.

2. Siap berkomitmen

Membeli rumah adalah keputusan yang membutuhkan komitmen besar. Jika selama menyewa rumah, Anda mungkin difasilitasi dengan berbagai perabotan lengkap yang tak perlu Anda beli. Maka saat memiliki rumah sendiri, Anda dituntut untuk membeli beragam perabotan dan mungkin merenovasi sejumlah bagian rumah baru. Jangan anggap enteng saat punya rumah sendiri karena Anda juga akan ditantang untuk mengeluarkan kocek yang terbilang cukup besar agar rumah baru Anda layak ditempati.

3. Sesuaikan kondisi rumah dengan rencana masa depan Anda

Sebagian pasangan mungkin tidak memikirkan sejauh ini, tetapi bagaimana pun juga Anda harus memikirkan sebelum membeli rumah tentang rencana masa depan Anda. Apakah Anda akan berencana memiliki keluarga besar dengan banyak anak atau dua anak saja cukup. Hal ini sangat penting untuk memastikan pilihan Anda apakah harus membeli rumah dengan 1 atau 3 kamar. Jika Anda berencana memiliki beberapa anak pilihlah rumah dengan 2-3 kamar tidur.

4. Pastikan kondisi pekerjaan Anda baik

Sebelum memilih lokasi rumah, pastikan apakah Anda akan menetap di satu pekerjaan dalam waktu yang lama. Banyak pasangan yang menyesal membeli rumah karena mereka buru-buru harus meninggalkan pekerjaan lama dan mendapatkan pekerjaan yang jaraknya cukup jauh dari rumah tersebut.

5. Memilih rumah dekat dengan anggota keluarga lain

Sebagian pasangan muda memilih membeli rumah dekat dengan rumah keluarga dekat mereka. Alasannya karena mereka merasa tidak sendiri dan bisa juga membantu mereka jika mereka membutuhkan bantuan untuk menjaga anak-anak mereka saat harus bekerja atau melakuka urusan lain.

6. Pastikan rumah yang Anda beli memiliki surat-surat yang sah

Ada banyak kasus yang membeli sejumlah keluarga setelah mendapati bahwa rumah yang mereka tempati ternyata dibawah kepemilikan orang lain. Pemilik sah lahan atau rumah tak segan-segan melakukan penggusuran paksa yang menyebabkan kerugian besar bagi keluarga yang sudah membeli rumah tersebut. Nah, agar terhindar dari kasus penipuan demikian, mintalah dokumen resmi dan sah yang dibubuhi materai saat pembelian rumah. Jika perlu buat surat pernyataan yang menyampaikan bahwa rumah yang akan Anda beli adalah sah milik Anda sejak serah terima rumah dilakukan.

7. Pastikan keuangan Anda mencukupi  

Ini adalah hal terpenting yang harus dipastikan sebelum membeli rumah sendiri. Mereka yang berani membeli rumah memang tidak selalu memiliki uang yang cukup, tetapi dengan menabung hingga beberapa tahun lamanya pasangan menikah akhirnya bisa setidaknya melunasi setengah dari harga rumah yang akan mereka beli. Jika memiliki rumah memang sudah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak, anda dan pasangan memang harus bekerja lebih ekstra untuk memenuhi biaya pembelian rumah.

Jika tujuh hal di atas bukan lagi masalah bagi Anda, itu artinya langkah membeli rumah sendiri bisa terwujud. Memiliki rumah sendiri memang akan jauh lebih menyenangkan dibanding harus menyewa rumah setiap bulannya. Jadi jangan hanya berharap, wujudkan impian Anda selagi usia pernikahan masih muda.

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami