Share this article :

Azim Premji, Dari Minyak Goreng, IT, Hingga Terkaya Ketiga di India

 Tue December 22nd, 2015
 1097

Artikel ini ditulis oleh :

daniel.tanamal

Official Writer
 

Azim Premji, Dari Minyak Goreng, IT, Hingga Terkaya Ketiga di India Sumber : istimewa
Bernama lengkap Azim Hashim Premji, merupakan orang terkaya nomor 3 di India. Azim Premji adalah pengusaha dibidang IT, dia mempunyai perusahaan bernama Wipro. Awalnya, Wipro adalah perusahaan yang didirikan oleh ayahnya, bergerak dibidang  minyak goreng. Nah, bagaimana bisa dari minyak goreng, Azim bisa merubah perusahaan tersebut sampai bergerak di bidang IT.

 
Wipro generasi pertama

Mohamed Hashem Premji adalah ayah dari Azim Premji, dia merupakan pengusaha dibidang minyak goreng. Hashem membuat Wipro pertama kali pada tahun 1945. Ketika itu produk Wipro pertama kali adalah minyak goreng dan sabun. Ketika itu Hashem memang tertarik bisnis dibidang tersebut, bahkan minyak goreng dan sabun mereka adalah bikinan Wipro sendiri.

Pada saat Hashem membuat Wipro, Azim yang lahir juga ditahun yang sama mengenyam pendidikan yang lebih baik dibandingkan ayahnya. Azim sempat berkuliah di Universitas Stanford jurusan teknik. Tetapi sayang, pada saat umur 21 tahun, Hashem meninggal. Dan tentu sebagai  anak pertama, Azim akhirnya melanjutkan bisnis ayahnya.

Pada tahun 1966, tahun dimana ayah Azim meninggal, Azim menjadi direktur. Ketika Azim mengambil alih, Azim langsung membesarkan Wipro dan bekerja sama dengan perusahaan asal Amerika Serikat, yaitu General Electric. Wipro pun mendistribusikan beberapa mesin seperti mesin hidrolik untuk mobil dan mesin-mesin alat-alat berat.

 
Wipro bergerak dibidang teknologi

Pada tahun 1994, adalah tahun puncak dari Wipro. Pada saat itu, pengaruh dan kemajuan teknologi sudah marak dimana-mana. Azim pun mengetahui hal tersebut, tetapi karena tidak paham pada urusan bisnis dibidang teknologi. Akhirnya Azim membuat anak perusahaan lagi Wipro Infotech dan Wipro System bekerja sama dengan Odyssey 21. Ternyata, Wipro semakin mendapat untung ketika mengarahkannya ke bidang teknologi. Dengan Wipro Acer, Azim mengeluarkan Wipro SuperGenius PC pada tahun 1999. Bahkan di tahun 2000, Wipro adalah distributor komputer pertama di India.

Berturut-turut pun Wipro menjadi provider telekomunikasi dan internet di India. Tidak hanya menjadi distributor komputer pertama di India, tetapi menjadi perusahaan yang membuat software komputer pertama. Wipro, menjadi pemegang lisensi seperti microcomputer dan mesin hydrolik. Dengan begitu, Wipro menjadi perusahaan millaran dolar setelah memasuki bidang teknologi.
Sumber : Berbagai Sumber

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Elizabeth Chelsea 22 March 2017 - 15:52:39
Tolong dibantu doa untuk saya benar - benar bisa t... more..

trix 21 March 2017 - 19:11:34
Mohon dukungan doanya agar setiap lamaran kerja ya... more..

SUZY RATNANINGRUM 19 March 2017 - 23:45:01
Ya Bapa kudatang padaMu membawa bebanku. Bapa saat... more..

SUZY RATNANINGRUM 19 March 2017 - 22:06:56
Keadaan ekonomiku terpuruk. Keuanganku ludes. Saya... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Menjadi Seorang Perempuan, Istri, dan Ibu
Menjadi Seorang Perempuan, Istri, dan Ibu
Menjadi seorang ibu adalah sebuah pekerjaan yang tidak mudah. Seorang ibu melakukan banyak hal yang ...