11 Kebiasaan Sia-Sia yang Menyita Waktu Saat Bekerja
Sumber: Wordpress.com

Career / 8 July 2015

Kalangan Sendiri

11 Kebiasaan Sia-Sia yang Menyita Waktu Saat Bekerja

Lori Official Writer
11207
<!-- endif]-->

Anda mungkin salah satu dari pekerja yang menganggap waktu kerja terasa kurang. Padahal bukan karena alasan sudah bekerja sebaik mungkin atau banyaknya deadline loh. Jika demikian, Anda patut memeriksa kembali bagaimana Anda menggunakan waktu karena tanpa Anda sadari mungkin Anda menggunakannya tidak efektif dan efisien.

Berikut 11 kebiasaan yang tidak disadari ternyata membuang waktu dan mengurangi jam kerja efektif para pekerja.

1.Tenggelam dalam sosial media

Situs-situs jejaring sosial seperti FB, Twitter, Path dan Instagram mungkin menjadi pengalih eprhatian dan membuat Anda kecanduan. Tanpa Anda sadari, saat mulai membuka sosial media, Anda tenggelam dalam percakapan, komentar dan ingin tahu lebih tentang banyak orang di sana tanpa kenal batas waktu. Inilah kesalahannya! Padahal Anda bisa menetapkan waktu tertentu setiap harinya untuk aktivitas ini dan menyisakan waktu yang lebih banyak untuk melakukan tugas-tugas yang lebih penting.

2. Browsing tanpa tujuan

 Fasiliats internet gratis yang disediakan di kantor akan sangat menggoda Anda untuk membuka beraneka macam situs. Lalu dengan bebasnya Anda mulai berselancar dan ebrusaha menemukan hal-hal yang mampu menyenangkan diri hingga tanpa sadar Anda telah kehilangan banyak waktu produktif Anda.

3. Kerap mengecek Surel atau Ponsel

Mengecek surat elektronik (surel) dari email atau ponsel setiap menitnya adalah pekerjaan yang begitu menyita waktu. Tanpa sadar kebiasaan ini akan mengalihkan fokus pikiran dari pekerjaan yang menumpuk kepada sesuatu yang sesungguhnya tak terlalu penting. Kecuali Anda sedang menunggu kabar atau kiriman surat atau data yang menunjang pekerjaan Anda.

4. Bersolek terlalu lama

Secara pribadi, penulis memang sangat lemah dibagian ini. Bukan karena tanpa alasan loh, tetapi ada saja yang kadang kala membuat Anda merasa harus merias diri secantik mungkin agar tampil lebih segar dan berbeda setiap harinya, baik daris egi rambut, pakaian, sepatu dan hal lainnya. Namun kebiasaan itu tetap saja membuang-buang waktu, karena seringnya Anda lupa waktu sampai-sampai terlambat ke kantor.

5. Menaruh barang sembarangan

Anda sudah mandi dan sudah mengenakan bsuana yang cocok. Namun yang terjadi selanjutnya sungguh di luar dugaan; Anda tidak bisa menemukan kunci kendaraan, ponsel atau dompet. Jadi Anda harus menghabiskan beberapa menit lagi untuk mencari-cari barang tersebut. Padahal jika Anda disiplin menaruh barang pada tempatnya, Anda akan jauh menghemat waktu.

6. Tersesat

Penulis pernah punya mengalaman ketika harus dinas ke luar kota. Kami saat itu sedang emncari-cari tempat yang dituju. Namun karena saking percayanya dengan map google, kami mengurungkan niat bertanya kepada orang lain. Sampai-sampai kami harus keliling dan terjebak di tengah kemacetan yang begitu menghabiskan waktu. Jadi, alangkah dianjurkan bila Anda terlebih dahulu survei lokasi di internet atau bertanya kepada orang lain.

7. Multi-tasking

 Meski ada beberapa orang yangs anggup melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, kebanyakan orang sering kali akan kebingungan saat harus menangani dua pekerjaan sekaligus. Multi-tasking membuat Anda beralih tugas dan fokus pikiran Anda buyar hingga membuat pekerjaan menjadi tidak maksimal. Lebih baik, selesaikan satu pekerjaan lalu kembali mengerjakan pekerjaan lainnya.

8. Folder berantakan

Menyimpan file atau data di folder komputer secara sembarangan juga akan memicu masalah bagi Anda. Sewaktu-waktu ketika Anda butuh file dengan cepat, Anda justru lupa dimana meletakkannya. Anda kembali harus memeriksa folder satu per satu hingga membuat waktu terbuang.

9. Rapat tanpa agenda

Ibarat liburan tanpa tahu destinasi tujuan, begitu pula rapat tanpa agenda. Anda hanya akan mendapati wajah-wajah yang kebingungan ketika Anda mengajak rapat tanpa mengetahui topik yang hendak dibicarakan.

10. Ngobrol dan bergosip

Ngobrol dengan rekan kerja sah-sah saja dilakukan karena bermanfaat juga untuk merelaksasi pikiran dan tubuh. Tetapi akan menjadi salah ketika obrolan semakin panjang.  Terkadang bukan sekedar obrolan-obrolan pekerjaan tetapi sudah menjadi gosip yang tak sedap. Jika memang tidak terlalu penting, lebih baik pilih waktu ngobrol ketika sedang istirahat atau usai bekerja.

11. Terlalu Banyak Tidur

Bekerja membutuhkan tubuh dan pikiran yang fit. Hal ini didapatkan dari pola tidur yang baik. Tidak kekurangan dan tidak kelebihan. Namun banyak pekerja yang abai sehingga kerap lembur malam dan baru tidur subuh hari, hingga akhirnya terlambat bangun dan terlambat ke kantor.

Bagaimana dengan Anda? Bagian mana saja yang masih menjadi masalah dalam manajemen waktu Anda? Segera cari solusinya dan tegas pada diri sendiri untuk bisa menggunakan waktu dengan efektif dan efisien.

Sumber : Spirit Motivator/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami